Sukses

Stok Darah untuk Korban Gempa Lombok Tercukupi

Ketersediaan stok darah yang dikirimkan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban gempa Lombok sampai saat ini tercukupi.

 

Liputan6.com, Jakarta Stok darah untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengalami luka berat terjamin aman dan tercukupi. Palang Merah Indonesia (PMI) pun terus berupaya memenuhi ketersediaan kantong darah.

Kepala Sub Tanggap Darurat Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Ridwan Sobri Carman mengungkapkan, stok darah untuk korban gempa tercukupi.

"Untuk stok kantong darah sudah tercukupi. Ini juga mendapat bantuan PMI dari beberapa wilayah dekat dengan Lombok,. Kemarin kami juga sudah mengirim 160 kantong darah WB (Whole Blood) dan PRC (Packed Red Cells)," kata Ridwan saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (8/8/2018).

Kantong darah yang dikirimkan untuk korban gempa Lombok tersebut dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Sub Regional 4 Sidoarjo. UDD PMI Sub Regional 4 Sidoarjo meliputi Sidoarjo, Gresik, Jombang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kota Probolinggo.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distribusi ke lokasi paling terdampak

Pendistribusian kantong darah, khususnya ditujukan ke lokasi paling terdampak gempa.

"Pembagian awalnya secara sentral. Seluruh kantong darah dikumpulkan di Mataram. Ini yang paling mudah terjangkau. Kemudian kantong darah didistribusikan ke lokasi gempa," Ridwan menambahkan.

Untuk wilayah distribusi kantong darah ke Lombok Utara, Lombok Timur, dan Lombok Barat. Lokasi tersebut termasuk paling parah terdampak gempa. Ratusan korban mengalami luka berat dan membutuhkan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.