Sukses

Kisah Sukamti, Kerja 25 Tahun di Malaysia demi Biayai Haji Ayah yang Tunanetra

Mendengar keinginan orang tuanya ingin naik haji, Sukamti bertekad mewujudkan. Ia mohon izin untuk bekerja di luar negeri, tepatnya Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada kisah inspiratif dalam tiap penyelenggaraan ibadah haji. Kita bisa meneladani orang-orang yang memicu semangat untuk makin rajin beribadah dan tak henti bermunajat supaya diberi kesempatan melaksanakan haji.

Kali ini adalah kisah perempuan hebat bernama Sukamti (44 th). Dia adalah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bisa memberangkatkan haji ayahnya yang tunanetra dan keluarganya.

Alkisah, Suroso (84 th) selalu bilang bahwa keinginannya cuma satu, yaitu naik haji. Sebab, tidak ada yang ia harapkan dengan kondisinya yang tunanetra sejak berusia delapan tahun, kecuali ke Tanah Suci.

Mendengar keinginan orang tuanya, Sukamti (44) bertekad mewujudkan. Ia mohon izin untuk bekerja di luar negeri, tepatnya Malaysia.

"Bagi saya, keinginan orang tua dan juga keinginan anak saya adalah suatu keharusan yang mesti diwujudkan," ujar Sukamti, di Madinah, dikutip dari laman Kemenag, Rabu (23/5/2024).

Sukamti bekerja di Malaysia selama 25 tahun. Sebagian penghasilannya ditabung untuk membara Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) bapaknya, sekaligus membiayai keluarga berikut empat adiknya.

Sebagai single parent sejak anaknya lahir, Sukamti juga harus bekerja keras untuk membiayai kuliah anak semata wayangnya.

"Sukamti ini memang anak yang selalu berbakti dan memikirkan keluarga termasuk semua adiknya dibiayai sekolah," cerita Suroso lirih.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekad Kuat Sukamti

Menurut Suroso, sejak kecil, Sukamti selalu punya tekad yang kuat. Ia rela dititipkan di panti asuhan hanya demi berjuang mendapatkan pendidikan gratis sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Teknik Mesin (STM) jurusan kelistrikan.

Sebab, dengan kondisi serba terbatas, Suroso tidak mampu maksimal mencari nafkah. Ia waktu itu hanya mengandalkan istrinya Mardiyah (75) yang sejak dulu bekerja menggarap di sawah.

"Alhamdulillah tahun ini niat saya berhaji dikabulkan Allah. Saya bahagia sekali meskipun tidak bisa melihat indahnya Tanah Suci," ucap Suroso.

Saat ini, Sukamti berhasil mewujudkan impian ayahnya yang Tunanetra untuk beribadah haji. Ia dan sang ayah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) sembilan Embarkasi Solo (SOC 09).

"Tabarakaallah, saya bisa mendampingi Bapak berhaji, meskipun agak sedih karena belum bisa sekalian bersama Ibu," tuturnya dengan mata berkaca.

Ia bersyukur mendapatkan kuota prioritas lansia dan pendamping lansia, sehingga tidak menunggu antrian terlalu lama.

Menurut Ketua Kloter, Faozan, kondis Bapak Suroso yang harus didorong kursi roda oleh pendampingnya saat ke Masjid Nabawi, sering menginspirasi jemaah lainnya. Sehingga, anggota kloter yang lainnya juga ikut saling membantu, termasuk saat ke Raudhah, untuk mendorong kursi roda Bapak Suroso secara bergantian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.