Sukses

Mensos Minta Bupati Terbitkan SK Keluarkan Cadangan Beras untuk Korban Gempa Lombok

Pemerintah sendiri terus memberikan penguatan dan pendampingan kepada korban gempa Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Idrus Marham mendorong bupati dan wali kota menerbitkan Surat Keputusan Tangap Darurat untuk mengeluarkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga 100 ton untuk menjamin kebutuhan pangan warga korban gempa Lombok.

Sementara di tingkat provinsi, Gubernur dapat mengeluarkan SK untuk mengeluarkan CBP hingga 200 ton. Apabila CBP tersebut telah digunakan maka untuk keperluan di atas 200 ton dapat dikeluarkan oleh Mensos.

Pemerintah sendiri terus memberikan penguatan dan pendampingan kepada korban gempa Lombok. Sementara, menurut Idrus Marham, penanganan bencana gempa bumi ditangani oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov NTB.

"Sementara pemerintah pusat khususnya Kementerian Sosial memberikan pendampingan dan penguatan," kata Idrus Marham usai meninjau Posko Induk di Kecamatan Tanjung, yang berlokasi di depan Kantor Kabupaten Lombok Utara, Selasa, 7 Agustus 2018.

Penguatan dan pendampingan ini, lanjutnya, untuk memastikan pemda dapat melakukan pemenuhan kebutuhan dasar warga korban gempa Lombok. Yakni kebutuhan permakanan, kebutuhan tempat tinggal sementara berupa tenda-tenda dan layanan dukungan psikososial.

Idrus menjelaskan untuk pemenuhan kebutuhan makan pengungsi dan warga terdampak gempa telah didirikan empat dapur umum di Kabupaten Lombok Utara. Kemensos juga menyerahkan 3.000 paket sembako yang merupakan bantuan tahap pertama dari Presiden Joko Widodo dari rencana 10 ribu paket sembako.

Dapur Umum disiapkan untuk pengungsi, warga dan relawan yang berada di posko pengungsian dan sekitarnya. Sedangkan sembako disalurkan untuk menjangkau warga yang bertahan di medan yang sulit atau berada di lingkungan sekitar rumah mereka dan masih bisa memasak untuk keluarganya. "Kami bisa memahami sebagian masyarakat ingin bertahan di dekat rumah, maka sembako kami bagikan untuk bisa dikelola oleh warga," katanya.

Ditambahkannya, sejumlah dapur umum dari berbagai elemen masyarakat juga didirikan di beberapa titik. Idrus mempersilakan dapur umum yang dikelola swadaya berjalan memberi layanan, sementara Kemensos akan membantu memenuhi bahan pangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan Tagana dari Luar NTB

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Harry Hikmat mengatakan untuk distribusi sembako dan nasi bungkus dari dapur umum, pihaknya mengerahkan Tagana dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Hanya saja karena mereka juga terdampak gempa dan ikut mengungsi, maka perlu dukungan personel dari wilayah terdekat NTB.

"Tercatat yang telah diberangkatkan oleh Pemprov masing-masing adalah Tagana Jatim sebanyak 20 orang, Tagana Sulsel 10 orang, Tagana Gorontalo 7 orang, dan Tagana Kalsel 5 orang. Mereka akan bergabung dengan tim Kemensos di Posko Induk di Kecamatan Tanjung. Selanjutnya berbagi tugas ke berbagai titik terdampak gempa," kata Dirjen.

Harry menjelaskan Tagana dari berbagai provinsi juga membawa bantuan logistik dan Dapur Umum mobile untuk membantu pemenuhan kebutuhan makanan pengungsi.

"Selain Tagana, Pendamping PKH juga kami libatkan untuk membantu evakuasi, pendistribusian logistik, penyaluran kebutuhan permakanan, maupun pendataan warga terdampak gempa," kata Harry.

Koordinator PKH Kabupaten Lombok Utara Raden Zulkarnaen mengatakan setiap pendamping berinisiatif di kecamatan masing-masing menjadi panitia lokal yang mengkoordinir pendistribusian bantuan makanan dan air minum. Zul sendiri saar ini mengelola Posko Dusun Cupek Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.