Sukses

PKS: Usulan Anies Baswedan Jadi Bakal Cagub Jakarta 2024 Belum Diputuskan DPP

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membenarkan telah menerima usulan dari Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membenarkan telah menerima usulan dari Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.

Meski begitu, Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan, usulan tersebut masih akan dibahas di tingkat pusat DPP PKS sebelum diputuskan.

"Iya betul DPTW Jakarta sudah memutuskan untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai Bacagub ke DPP. Selanjutnya ada mekanisme di internal. Jadi, kita tunggu keputusan DPP," kata Mabruri dalam keterangannya, diterima Jumat (24/5/2024).

Menurut Mabruri, PKS juga masih terus menggodok beberapa nama lainnya termasuk kader dari internal PKS untuk diusung menjadi gubernur di Jakarta.

"Pemilu kemarin kan Alhamdulillah PKS diamanahkan menjadi partai pemenang di Jakarta. Tentu ada harapan agar dapat mengajukan kadernya untuk mengisi kursi Gubernur Jakarta," ujar Mabruri.

Mabruri menyampaikan, komunikasi dengan partai lain untuk membangun koalisi menuju Pilkada Jakarta 2024 juga terus berjalan. PKS, kata Mabruri tak bisa berjalan sendirian.

"Yang jelas PKS tidak bisa sendirian, harus bermitra. Makanya komunikasi dengan partai-partai lain juga terus berjalan. Kita ingin munculkan yang terbaik untuk warga Jakarta", pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPW PKS DKI Putuskan Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta, Khoirudin, menyatakan pihaknya telah memutuskan akan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

“Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu (usung Anies),” kata Khoirudin pada wartawan, Kamis (23/5/2024).

Meski demikian, Khoirudin menyebut keputusan menerima usulan ada di DPP PKS. “Kewenangan DPP menerima atau menolak,” kata dia.

Menurut Khoirudin, Anies sudah bertemu DPW PKS secara informal, dan Anies menyambut hangat keputusan DPW tersebut.

“(Anies menyambut) ya dengan hangat,” kata dia.

3 dari 3 halaman

PKB Juga Pertimbangkan Nama Anies

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda menyatakan, meski belum menyampaikan surat rekomendasi secara resmi, pihaknya sudah mempertimbangkan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju Pilkada Jakarta.

“Secara tahapan, PKB belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi, tapi dari hasil diskusi obrolan dari teman teman kanan kiri Mas Anies, kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi,” kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (21/5/2024).

Huda menyatakan menunggu momen tepat mengumumkan jagoan mereka di DKJ, apalagi jadwal pendaftaran masih panjang. “Kita lihat nanti, pendaftaran tanggal berapa ya? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa,” kata Huda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini