Sukses

RS Adam Malik Medan Bekerja Sama dengan Arab Saudi, Bakal Tangani Operasi 20 Pasien Jantung

Rumah Sakit Adam Malik, Medan, Sumatera Utara bekerja sama dengan King Salman Relief Arab Saudi dalam operasi pasien jantung.

Liputan6.com, Medan Rumah Sakit Adam Malik, Medan, Sumatera Utara bekerja sama dengan King Salman Relief Arab Saudi dalam operasi pasien jantung. Targetnya ada 20 pasien yang bisa ditangani. 

"Sesi pertama ini dari 22 sampai 27 Mei ini, kami menargetkan 20 kasus yang menderita penyakit jantung dapat teratasi," ujar Direktur Utama RS Adam Malik Zainal Safri di Medan mengutip Antara.

Zainal melanjutkan kerja sama antardokter dengan King Salman Relief serta Muslim World League ini dalam dua hari tersebut telah menyelesaikan lima kasus pasien yang terkena penyakit jantung.

"Alhamdulillah, operasi penyakit jantung ini dilakukan sukses dan sangat baik dilakukan," ucapnya.

Zainal mengatakan kerja sama dan bantuan layanan penyakit jantung yang dilakukan oleh Arab Saudi sangat didukung Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

"Pak Menteri Kesehatan sangat mendukung kerja sama pihak RS Adam Malik dan King Salman Relief dan Muslim World League, selain itu juga tidak hanya di rumah sakit ini saja," tuturnya.

Transfer Knowledge

Zainal mengatakan kerja sama terhadap medis Arab Saudi sangat bagus, karena ada penambahan ilmu pengetahuan atau transfer knowledge kepada tim medis yang berada di RS Adam Malik.

"Kerja sama ini juga untuk transfer knowledge di kasus jantung, harapannya masyarakat yang terkena jantung apalagi anak. InsyaAllah tahun ini bisa dilakukan pihak rumah sakit," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan dengan Arab Saudi

Sebelumnya dalam virtual yang dilihat di RS Adam Malik, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengucapkan terimakasih kepada King Salman Relief, Arab Saudi dalam program operasi jantung.

Dikatakannya, kementerian Kesehatan juga akan mengirim dokter Indonesia ke Arab Saudi untuk melakukan pelatihan dan mengoperasikan alat bedah modern operasi jantung khususnya pada anak.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi mengatakan pihaknya selalu berkomitmen memberikan bantuan berbagai sektor di bidang kemanusiaan di antaranya di Medan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Pakar Jantung Asal Arab Saudi Turun Tangan

Faisal mengatakan program ini dilakukan oleh para ahli yang terkemuka di Arab Saudi yang dipimpin oleh profesor terkenal untuk melakukan operasi jantung tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang melakukan operasi jantung ini, semoga Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah serta balasan yang setimpal yang mengerjakan ini," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini