Sukses

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Lancar Terbangkan Jemaah Haji

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyatakan, proses pemberangkatan maupun pemulangan seluruh jemaah haji melalui embarkasi Banjarmasin berjalan lancar.

Menurut Manajer Operasi Bandara Syamsudin Noor Ruly Artha, kelancaran keberangkatan dan kedatangan terjadi sejak kelompok terbang (kloter) pertama hingga terakhir.

"Kami sangat bersyukur karena proses pemberangkatan dan pemulangan bisa berlangsung lancar tanpa hambatan dan semua berkat dukungan seluruh pihak terkait," ujar Ruly, seperti dilansir Antara, Selasa (25/9/2018).

Ia mengatakan, pemberangkatan kloter pertama jemaah haji sejak 19 Agustus 2018 hingga kloter 17 berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Mereka dibagi dalam dua gelombang menuju Tanah Suci.

"Gelombang pertama mulai kloter 1 hingga kloter 7 berangkat sesuai jadwal yang telah ditetapkan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Bandara Madinah, Arab Saudi," ucapnya.

Sedangkan gelombang kedua, lanjut Ruly, dari kloter 8 hingga 17 diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor langsung ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menuju Tanah Suci, Makkah.

"Operasional penerbangan baik sejak kloter 1 hingga kloter terakhir lancar dan tidak ada penundaan, sehingga seluruh jemaah haji bisa menjalankan ibadahnya sesuai jadwal," papar Ruly.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Pemulangan Berjalan Lancar

Ruly menilai, proses pemulangaan jamaah haji sejak kloter pertama hingga terakhir juga berjalan lancar, bahkan lebih cepat dari jadwal kedatangan yang dijadwalkan sebelumnya.

"Proses pemulangan juga lancar dan jadwal kedatangan pesawat baik dari Bandara Madinah maupun Bandara Jeddah ke Banjarmasin lebih cepat 1 hingga 1,5 jam dari jadwal," kata dia.

Menurutnya, kedatangan pesawat lebih cepat dari jadwal karena pesawat yang semula direncanakan transit di Bandara Hang Nadim, Aceh langsung menuju ke Bandara Syamsudin Noor.

"Pesawat pengangkut jemaah baik dari Bandara Jeddah maupun Madinah direncanakan transit di Bandara Aceh tetapi ternyata langsung mendarat di Bandara Syamsudin Noor," jelas Ruly.

Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan melalui embarkasi Haji Banjarmasin sebanyak 5.533 orang, terdiri dari 3.831 jemaah Kalsel dan 1.617 orang dari Kalteng.

Artikel Selanjutnya
381 Wafat, 22.677 Haji Indonesia Masih di Madinah
Artikel Selanjutnya
Gubernur Kalimantan Selatan Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Terakhir