Sukses

Menlu Amerika Serikat: Selamat kepada Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto

Pasangan Prabowo-Gibran dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Hasil tersebut diumumkan KPU melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di kantor KPU, Jakarta, pada Rabu (20/3/2024) malam.

Pasangan Prabowo-Gibran dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara.

Terkait penetapan KPU tersebut, Amerika Serikat (AS) melalui Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo dan Gibran.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," sebut Menlu Blinken dalam pernyataan tertulisnya.

Menlu Blinken menambahkan, "AS dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme. Sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita."

"Kami menantikan untuk bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober."

Adapun, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ditetapkan KPU meraih 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini