Sukses

Alasan Adolf Hitler Punya Kumis Sikat Gigi yang Unik dan Ikonik

Kumis berbentuk kotak yang selama ini lekat dengan Adolf Hitler memiliki sejarah tersendiri di belakangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan nama Adolf Hitler?

Politikus Jerman sekaligus ketua Partai Nazi itu dikenal sebagai diktator bertangan besi yang kejam.

Terlepas dari keterlibatannya dalam upaya menggulingkan pemerintahan Jerman, kumis Hitler yang berbentuk unik telah membuat sosoknya menjadi lebih ikonik.

Rupanya, kumis berbentuk kotak yang selama ini lekat dengan dirinya memiliki sejarah tersendiri di belakangnya.

Dilansir The Daily Star, Senin (25/9/2023), berdasarkan serial yang diproduksi oleh History Channel, Hitler harus membentuk kumisnya agar ia dapat mengenakan masker gas dengan baik selama keterlibatannya dalam Perang Dunia I. Hal ini lantaran ketika ia masih memiliki kumis panjang dengan ujung yang bengkok, masker gasnya tidak bisa tertutup rapat ketika ia harus berhadapan dengan serangan gas.

Masker gas atau respirator merupakan bagian penting dari pakaian perang Jerman pada saat itu karena ancaman serangan gas dari Inggris pada tahun 1918, yang disemprotkan secara terus menerus.

Akhirnya, tokoh Adolf Hitler muda dalam serial tersebut memangkasnya hingga berbentuk kotak seperti yang banyak dikenal orang dengan saat ini.

Kendati demikian, Stephen David, produser eksekutif serial tersebut, mengatakan bahwa tim risetnya justru mengetahui bahwa Hitler lebih menyukai kumis yang panjang sebelum Perang Dunia I pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Toothbrush Moustache atau Kumis Sikat Gigi

Kumis yang diberi julukan toothbrush moustache atau kumis sikat gigi ini diperkenalkan di Jerman pada akhir abad ke-19 setelah mengunjungi Amerika.

Berdasarkan sumber lain, kakak ipar Adolf Hitler, Bridget Hitler, diketahui bertengkar dengannya karena tidak tahan dengan kumisnya itu dan sempat membujuk agar ia memotongnya.

Pada tahun 1923, calon humasnya Ernst Hanfstaengl yang kemudian mengadopsi gaya tersebut, menasihatinya untuk menghilangkan kumis sikat giginya itu. Namun Hitler justru menjawab, "Jika ini bukan mode sekarang, nanti akan menjadi mode karena saya memakainya." 

Selain Adolf Hitler, tokoh-tokoh di sekelilingnya pun mengadopsi gaya serupa.

Mentor Hitler Anton Drexler memakai kumis sikat gigi versi berlekuk.

Kemudian Friedrich Kellner, seorang Sosial Demokrat yang berkampanye melawan Hitler, juga memakai gaya tersebut.

Selain itu, banyak juga tokoh Nazi selain Hitler yang memiliki kumis serupa, termasuk Heinrich Himmler, Karl Holz, Ernst Röhm dan sopir Hitler, Julius Schreck. 

Komedian Charlie Chaplin bahkan diketahui memiliki gaya kumis yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.