Sukses

Pria India Tewas Diamuk Massa Usai Dituduh Bawa Daging Sapi

Korban bernama Naseem Qureshi (56) meninggal awal pekan ini setelah diserang massa karena dicurigai membawa daging sapi.

Liputan6.com, New Delhi - Polisi di India telah menangkap tiga pria di Negara Bagian Bihar sehubungan dengan kematian seorang pria Muslim yang diamuk massa setelah dicurigai membawa daging sapi.

Dilansir Al Jazeera, Minggu (12/3/2023), korban bernama Naseem Qureshi (56) meninggal awal pekan ini setelah diserang massa karena dicurigai membawa daging sapi.

Menurut pernyataan polisi di pengadilan, Qureshi diduga dikelilingi oleh lebih dari 20 orang dan diserang. Ketika itu, polisi turun tangan tetapi dia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. 

Ramchandra Tiwari, kepala kantor polisi Rasulpur di Bihar, tempat kejadian itu terjadi, mengatakan kepada kantor berita Reuters melalui telepon pada Sabtu bahwa tiga pelaku ditangkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larangan Penyembelihan Sapi di India

Sapi adalah hewan suci dalam agama Hindu. Penjualan dan konsumsi sapi dibatasi di beberapa bagian negara oleh pemerintah daerah.

Selama ini, serangan terhadap mereka yang dituduh membunuh sapi untuk diambil daging atau kulitnya kerap terjadi, terutama orang-orang dari populasi minoritas Muslim atau mereka yang berada di bawah sistem kasta kuno India. 

Kelompok-kelompok Hindu garis keras telah menuntut larangan total penyembelihan sapi di seluruh India.

Kelompok yang mengidentifikasi diri mereka sebagai penjaga sapi Hindu kerap main hakim sendiri sejak pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada tahun 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.