Sukses

3 November 1957: Uni Soviet Kirim Anjing Laika ke Ruang Angkasa

Uni Soviet mengirim anjing ke ruang angkasa untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Moskwa - Tepat pada tanggal ini, 64 tahun yang lalu, Uni Soviet telah meluncurkan hewan pertama ke ruang angkasa. Hewan itu adalah seekor anjing betina yang diproyeksikan ke luar angkasa pagi hari dari Kosmodrom Baikonur di atas satelit luar angkasa buatan Sputnik 2. 

Dilansir dari History, Rabu (3/11/2021), anjing yang diberi nama Laika itu hidup sebagai anjing liar di jalanan Moskow sebelum terdaftar dalam program luar angkasa Uni Soviet.

Laika telah dilengkapi dengan monitor untuk memeriksa detak jantungnya dan tanda-tanda vital lainnya dan dilaporkan tenang selama jam-jam pertama penerbangan.

Ilmuwan Rusia sangat tertarik pada efek radiasi matahari dan bobot pada organisme hidup.

Namun sayang, Laika meninggal karena kapanasan dan panik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuai Kemarahan Pecinta Binatang

Radio Moskow melaporkan satelit kedua diluncurkan untuk memperingati 40 tahun Revolusi Oktober dan memberikan rincian tentang isi dan orbit pesawat ruang angkasa.

Sputnik 2 memiliki berat setengah ton (508kg) dan membawa instrumen untuk mempelajari sinar matahari dan kosmik, suhu dan tekanan, dua pemancar radio dan wadah tertutup rapat dengan "binatang percobaan" di dalamnya, serta pasokan oksigen dan makanan.

Sputnik 2 melakukan perjalanan lebih dari 1.500 km (900 mil) di atas Bumi, itu lebih tinggi dari Sputnik I yang mengorbit sekitar delapan km (5 mil) per detik.

Dibutuhkan 1 jam 42 menit untuk mengelilingi bumi. Satelit ini mentransmisikan sinyal telegrafik yang diambil dari stasiun penerima di seluruh dunia.

Dikutip dari BBC, organisasi kesejahteraan hewan menyatakan kemarahannya pada berita bahwa Rusia telah mengirim seekor anjing ke luar angkasa.

Liga Pertahanan Anjing Nasional menyerukan kepada semua pecinta anjing untuk mengheningkan cipta selama satu menit setiap hari anjing berada di luar angkasa.

RSPCA mengatakan telah menerima seruan protes bahkan sebelum pengumuman Radio Moskow tentang peluncuran itu berakhir. Mereka telah menyarankan mereka yang ingin memprotes untuk melakukannya di Kedutaan Besar Rusia di London.

 

3 dari 3 halaman

Anjing Dilatih Untuk Misi Luar Angkasa

Diyakini Rusia berencana untuk melontarkan anjing itu kembali ke Bumi meskipun belum ada pengumuman resmi yang mengonfirmasi hal ini.

Seorang ilmuwan Inggris mengatakan kepada wartawan surat kabar bahwa anjing itu mungkin telah dilatih untuk perjalanan tetapi tidak mungkin untuk bertahan hidup.

"Anjing yang ketakutan tidak akan berguna secara ilmiah," kata Dr William Lane-Petter, Direktur Biro Laboratorium Hewan dari Dewan Riset Medis.

"Itu tidak akan memberi mereka informasi yang mereka inginkan. Anjing ini telah lama dilatih untuk tugas itu dan mengalami kondisi simulasi yang serupa, dan penerbangan ini hanyalah pengalaman lain dari jenis yang sama."

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.