Sukses

Presiden Palestina Mahmoud Abbas Bertemu Menhan Israel di Ramallah, Bahas Apa?

Proses perdamaian Palestina-Israel telah terhenti sejak April 2014. Hussein al-Sheikh mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa Abbas bertemu dengan Gantz di Ramallah.

Liputan6.com, Ramallah - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Kota Ramallah, Tepi Barat pada Minggu (29/8) malam kata seorang pejabat senior Palestina.

Hussein al-Sheikh, anggota komite pusat partai Fatah yang dipimpin Abbas, mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa Abbas bertemu dengan Gantz di Ramallah dan membahas semua aspek hubungan Israel-Palestina.

Pertemuan itu adalah yang pertama sejak 2014, ketika negosiasi damai antara kedua belah pihak terhenti, demikian dikutip dari laman Xinhua, Senin (30/8/2021).

Gantz berdiskusi dengan Abbas tentang melanjutkan hubungan antara kedua belah pihak dan meningkatkan ekonomi Otoritas Palestina, sebuah media Israel melaporkan.

Pada 20 Juli, Gantz menulis di Twitter bahwa dia berbicara dengan Presiden Abbas di telepon untuk menyampaikan sebuah pesan.

"Harapan baik pada kesempatan Idul Adha," menambahkan bahwa "membangun kepercayaan antara Israel dan Otoritas Palestina akan menguntungkan ekonomi dan keamanan dari seluruh wilayah."

Proses perdamaian Palestina-Israel telah terhenti sejak April 2014, setelah Amerika Serikat telah mensponsori negosiasi perdamaian selama sembilan bulan tanpa membuat kemajuan nyata karena perbedaan yang mendalam di perbatasan, keamanan, dan pemukiman Israel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Israel

Sebelumnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan ucapan selamat atas menjabatnya Isaac Herzog sebagai presiden Israel. Herzog adalah tokoh Zionist Union yang mengganti Reuven Rivlin.

Herzog mengapresiasi ucapan positif dari Presiden Mahmoud Abbas, serta berjanji akan terus menjalin kontak.

"Saya bicara pada sore ini dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang menelepon untuk mengucapkan selama kepada saya dalam menjalankan peran baru saya," ujar Presiden Herzog via Twitter pada 11 Juli lalu, dikutip dari The Times of Israel, Selasa (13/7/2021).

Presiden Herzog juga berharap untuk membantu memajukan relasi kedua negara, "dengan harapan untuk perdamaian dua negara agar hidup berdampingan."

Kekuasaan pemerintah di Israel dijalankan oleh perdana menteri, sementara peran presiden lebih ke seremonial saja. Perdana Menteri Israel saat ini adalah Yair Lapid yang menggeser Benjamin Netanyahu dari kekuasaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.