Sukses

Barack Obama Bakal Rilis Buku dari Podcast Bareng Rocker Bruce Springsteen, Ini Ulasannya

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kolaborasi podcast antara Barack Obama dan Bruce Springsteen bertajuk 'Renegades' bakal dirilis dalam bentuk buku. Mantan presiden ke-44 AS itu mengakui bahwa sekilas, itu adalah kemitraan yang aneh.

"Di permukaan, Bruce dan saya tidak memiliki banyak kesamaan," kata Obama seperti dikutip dari New York Post, Jumat (23/7/2021).

"Dia pria kulit putih dari kota kecil di Jersey; Saya seorang pria kulit hitam dari ras campuran, lahir di Hawaii, dengan masa kecil yang membawa saya keliling dunia. Dia adalah ikon rock 'n' roll. Saya seorang pengacara dan politisi — tidak sekeren itu," papar Barack Obama lagi. 

Tetapi mereka telah menjadi teman liburan dan kolaborator yang podcastnya — serangkaian percakapan jujur ​​tentang ras, peran sebagai ayah, keadilan sosial, dan identitas Amerika — menjadi salah satu podcast dengan pendengar terbanyak di seluruh dunia di Spotify.

Sekarang, mereka akan menjadi penulis bersama, dengan rilis buku percakapan mereka yang akan datang. Oktober ini, Crown, sebuah imprint dari Penguin Random House, rencananya bakal menerbitkan 'Renegades: Born in the USA', sebuah adaptasi buku dari podcast.

Apa Isinya?

ilustrasi membaca buku (iStockphoto)

Buku setebal 320 halaman itu mencakup perkenalan antara Barack Obama dan Bruce Springsteen, lebih dari 350 foto dan ilustrasi, dan materi arsip seperti lirik tulisan tangan Springsteen dan pidato beranotasi Obama.

Dalam pengantarnya, Obama menjelaskan bagaimana percakapan berkembang dari "upaya berkelanjutan kami untuk mencari tahu bagaimana kami sampai di sini, dan bagaimana kami dapat menceritakan kisah yang lebih menyatukan yang mulai menutup kesenjangan antara cita-cita Amerika dan realitasnya."

Saat ide penjualan buku itu mengemuka, kolaborasi antara bintang rock dan mantan presiden AS itu tampaknya merupakan taruhan yang pasti. Keduanya sudah meraih kesuksesan dari penjualan buku mereka sebelumnya. (Crown menyarankan daftar harga jual $50 di Amerika Serikat (sekitar Rp 724 ribu) dan $65 di Kanada (sekitar Rp 749 ribu).

Memoar Springsteen, 'Born to Run', yang dirilis oleh Simon & Schuster pada tahun 2016, menjadi hit, terjual hampir setengah juta kopi hardcover dalam beberapa bulan pertama penjualannya. Sementara memoar Obama tahun 2020, 'A Promised Land', yang diterbitkan oleh Crown, telah terjual 8,2 juta kopi secara global, dan hampir lima juta di Amerika Utara.

Versi buku 'Renegades' juga menandai rilis terbaru dari kerajaan media Obama yang sedang berkembang. Ini diproduksi dalam kemitraan dengan Higher Ground, perusahaan yang didirikan oleh Barack dan Michelle Obama, yang telah mencapai kesepakatan produksi eksklusif dengan Netflix untuk film dan televisi dan dengan Spotify untuk podcast.

Keluarga Obama menjual memoar mereka ke Crown pada tahun 2017 dengan memecahkan rekor $65 juta. Memoar Michelle Obama, 'Becoming,' terjual lebih dari 16 juta kopi secara global sejak dirilis pada 2018.

 

2 dari 2 halaman

Awal Perkenalan Obama dan Springsteen

Obama dan Springsteen mengenal satu sama lain pada tahun 2008 saat Obama berkampanye, dan menjadi teman selama bertahun-tahun. Springsteen tampil di Gedung Putih pada Januari 2017, saat Obama bersiap untuk meninggalkan kantor. 

Dalam percakapan podcast mereka, pasangan ini sebagian besar berfokus pada kisah-kisah pribadi tentang kehidupan mereka dan menghindari politik partisan, tetapi berbicara secara umum tentang kebutuhan mendesak untuk memahami dan mengatasi perpecahan dalam masyarakat Amerika.

"Ini adalah saat kewaspadaan ketika siapa kita sedang diuji secara serius," tulis Springsteen dalam pengantarnya untuk 'Renegades'.

"Pembicaraan keras tentang siapa kita dan ingin menjadi siapa kita mungkin bisa menjadi peta panduan kecil bagi beberapa warga negara kita."