Sukses

Bo, Anjing Barack Obama Mati Akibat Kanker

Liputan6.com, New York - Keluarga Barack Obama mengumumkan pada Sabtu 8 Mei 2021 bahwa anjing keluarga tercinta mereka, Bo, telah mati.

"Sore ini adalah saat yang sulit bagi keluarga kami. Kami mengucapkan selamat tinggal kepada sahabat kami — anjing kami, Bo - setelah berjuang melawan kanker," kata mantan ibu negara Michelle Obama dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Instagram, Sabtu 8 Mei 2021 seperti dikutip dari CNN, Senin (10/5/2021).  

Keluarga Obama mendapatkan Bo tak lama setelah mereka pindah ke Gedung Putih, memenuhi janji kampanye Barack Obama untuk memberikan para putrinya, Sasha dan Malia, seekor anjing sebagai imbalan atas waktu yang mereka habiskan di jalur kampanye.

"Hari ini keluarga kami kehilangan seorang teman sejati dan pendamping setia," mantan Presiden itu memposting di Twitter hari Sabtu, menambahkan bahwa Bo "mentolerir semua keributan yang datang dengan berada di Gedung Putih, memiliki gonggongan besar tetapi tidak menggigit, suka melompat ke kolam di musim panas, ramah dengan anak-anak, senang berada di sekitar meja makan mencari makanan, dan memiliki bulu yang bagus."

Michelle Obama juga menulis bahwa Bo ada di sana untuk mantan pasangan Orang Nomor Satu di AS itu saat hidup mereka "melambat". Kehadirannya dianggap membantu mereka "mengantarkan gadis-gadis (anak-anak Obama) ke perguruan tinggi dan menyesuaikan diri dengan kehidupan yang sering ditinggal orangtua."

"Selama lebih dari satu dekade, Bo adalah kehadiran yang konstan dan lembut dalam hidup kami — senang melihat kami di hari-hari baik kami, hari-hari buruk kami, dan setiap hari di antaranya," tulis mantan Presiden itu mengenang anjing kesayangannya.

 

 

2 dari 3 halaman

Mengenang dalam Memoar

Dalam memoarnya "A Promised Land," Obama mengenang bagaimana "dari semua kesenangan yang akan diberikan tahun pertama di Gedung Putih, tidak ada yang sebanding dengan kedatangan Bo pada pertengahan April, seikat bulu hitam berkaki empat yang bisa dipeluk, dengan dada seputih salju dan cakar depan. "Bo, seekor anjing jenis Portuguese water dog, datang ke Obama sebagai hadiah dari almarhum Senator Ted Kennedy dan istrinya, Victoria."

"Dia (Bo) adalah pemberian yang sangat bijaksana — tidak hanya karena jenisnya hipoalergenik (suatu kebutuhan karena alergi Malia) tetapi juga karena keluarga Kennedy telah memastikan bahwa Bo telah terlatih untuk buang air di tempat khusus saat diberikan kepada kami," tulis Obama.

Keluarga Obama mengatakan bahwa mereka akan sangat merindukan Bo, "tetapi kami bersyukur bahwa dia menjalani kehidupan yang begitu menyenangkan penuh dengan pelukan, permainan tangkap, dan malam yang dihabiskan dengan berbaring di sofa.

"Kami juga tahu bahwa kami bukan satu-satunya yang peduli pada Bo, dan berterima kasih atas semua cinta yang Anda tunjukkan padanya selama bertahun-tahun," kata keluarga itu.

Keluarga Obama juga memiliki anjing Portuguese water dog lainnya, Sunny.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini: