Sukses

India Gratiskan Vaksin COVID-19 untuk Orang Dewasa

Liputan6.com, New Delhi - India membuka vaksinasi COVID-19 gratis untuk semua orang dewasa dalam upaya untuk meningkatkan vaksinasi di wilayahnya - ketika Perdana Menteri Narendra Modi menyambut Hari Yoga Internasional.

Upaya vaksinasi COVID-19 di India telah melambat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, karena kekurangan pasokan dan keraguan akan vaksin, bahkan ketika negara itu berjuang menangani lonjakan kasus Virus Corona pada April dan Mei 2021.

Kini, jumlah kasus Virus Corona di India telah menurun tajam dan pihak berwenang kembali melonggarkan banyak pembatasan. Tetapi, langkah ini masih dikhawatirkan memicu munculnya gelombang infeksi baru.

"Dorongan vaksinasi diperkirakan akan meningkat sekarang... vaksinasi harian telah meningkat selama sepekan terakhir dan diperkirakan akan semakin kuat," kata pakar kesehatan India, Rajib Dasgupta kepada AFP.

"Namun, baik ketidaksetaraan maupun keraguan perlu mendapat perhatian lebih dalam untuk membuat vaksinasi ini sukses." imbuhnya. 

Peluncuran vaksin gratis itu dilakukan saat PM Modi menyambut Hari Yoga Internasional dengan pidato kepada India yang bangkit dari lonjakan COVID-19.

"Ketika saya berbicara dengan pejuang garis depan, mereka memberi tahu saya bahwa mereka telah mengadopsi yoga sebagai perisai pelindung dalam perjuangan mereka melawan Virus Corona. Dokter telah memperkuat diri mereka dengan yoga dan juga menggunakan yoga untuk merawat pasien mereka," kata PM Modi, seperti dikutip dari AFP, Senin (21/6/2021).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

India Tetap Batasi Peserta Acara Perayaan Hari Yoga Internasional

Taman umum di Ibu Kota India, New Delhi telah dibuka kembali, tetapi jumlah peserta acara untuk Hari Yoga dikurangi di seluruh negeri untuk tahun kedua berturut-turut karena pandemi.

Hari Yoga - diusulkan oleh PM Modi dan diadopsi oleh PBB pada tahun 2014 - dirayakan sebagian besar di India, tetapi juga di seluruh dunia pada hari terpanjang di Belahan Bumi Utara.

Selama pandemi, pemerintah India telah menggembar-gemborkan yoga dan obat-obatan herbal – penjualannya melonjak – untuk melindungi dan memberikan bantuan kepada orang yang terinfeksi virus.

Tetapi karena sedikit bukti, klaim tersebut mendapat penolakan dari dokter India, yang mengenakan ban lengan hitam bulan lalu untuk memprotes Baba Ramdev, seorang guru yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Modi yang menyebut yoga dapat menyembuhkan COVID-19.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin COVID-19