Sukses

India Siap Ekspor Vaksin COVID-19 ke Banyak Negara, Bakal Saingi China?

India disebut-sebut akan menyaingi China terkait pengiriman vaksin COVID-19 massal.

Liputan6.com, New Delhi - India telah menyetujui pengiriman vaksin COVID-19 ke Kamboja dan berencana untuk memasok negara-negara Mongolia dan Kepulauan Pasifik, kata para pejabat pada Minggu 7 Februari.

Sejauh ini, pasokan vaksin dari India juga telah tiba di Afghanistan.

Sebagaimana dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (8/2/2021), semua ini merupakan bagian dari diplomasi vaksin yang semakin meluas di negara itu.

Berusaha untuk mencuri perhatian raksasa Asia saingannya China, yang juga berjanji untuk memberikan vaksin, pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi telah memberi negara-negara terdekat jutaan dosis vaksin AstraZeneca buatan lokal, bahkan ketika program imunisasi domestiknya baru saja dimulai.

Modi menggunakan kekuatan India sebagai pembuat vaksin terbesar di dunia untuk berbagai penyakit guna meningkatkan hubungan regional dan melawan dominasi politik dan ekonomi China.

 
 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Buatan India

New Delhi telah menyetujui 100.000 dosis untuk Kamboja secara mendesak menyusul permintaan ke Modi dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, kata utusan India untuk Phnom Penh.

Kamboja adalah sekutu penting China, yang diharapkan menyediakan satu juta dosis vaksin COVID-19, terutama yang dikembangkan oleh perusahaan negara Sinopharm.

“Pasokan telah dijamin melalui Serum Institute of India meskipun ada permintaan bersaing yang tak terhitung banyaknya dari negara-negara mitra dan komitmen kami terhadap populasi domestik kami,” kata Duta Besar Devyani Khobragade.

3 dari 3 halaman

India Siap Pasok Vaksin

India telah memberikan dosis kepada Myanmar, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka dan Maladewa untuk membantu mereka memulai dengan pekerja garis depan sebagai bagian dari inisiatif Persahabatan Vaksin.

Pada hari Minggu, mereka mengirimkan 500.000 dosis vaksin AstraZeneca ke Afghanistan, yang pertama tiba di negara yang dilanda perang itu, yang masih menunggu persetujuan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia untuk mengelolanya.

India telah menginvestasikan jutaan dolar di Afghanistan selama bertahun-tahun dalam upaya ekspansif yang dipandang sebagai upaya melawan pengaruh saingan berat Pakistan di negara itu. 

"Vaksin diberikan atas dasar hibah," kata sumber pemerintah.

Sejauh ini, India telah memasok 15,6 juta dosis vaksin ke 17 negara baik melalui sumbangan atau kontrak komersial, kata juru bicara kementerian luar negeri Anurag Srivastava.

Pasokan vaksin juga akan dikirim ke Mongolia, negara Karibia dan negara bagian Kepulauan Pasifik dalam beberapa minggu mendatang, katanya. 

“Pasokan dari luar masih dalam proses, tergantung ketersediaan dan kebutuhan dalam negeri,” ujarnya.

India, yang memiliki beban kasus virus corona tertinggi kedua di dunia, berencana untuk mengimunisasi 300 juta orang pada Agustus.

India akan memvaksinasi sekitar 3 juta petugas kesehatan dalam dua minggu pertama yang dimulai pada 16 Januari dan perlu meningkatkan kecepatan untuk memenuhi target musim panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.