Sukses

5 Fakta Unik Seputar Golongan Darah O yang Wajib Diketahui

Berikut fakta menarik tentang golongan darah O.

Liputan6.com, Jakarta - Golongan darah didapati dari pengklasifikasian darah pada suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Melalui proses itulah akhirnya diketahui tipe-tipe golongan darah.

Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO.

Sementara Jan Janskydi pada tahun 1907 berhasil mengklasifikasikan darah manusia ke dalam empat grup, yang hingga kini masih digunakan.

Dari empat golongan darah, jenis O merupakan klasifikasi yang paling banyak dimiliki oleh manusia di dunia.

Rupanya, ada fakta menarik lain seputar golongan darah O.

Seperti dikutip dari laman Brighside.me, Sabtu (4/5/2019) berikut 5 fakta soal golongan darah O yang wajib Anda tahu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aman dari Serangan Jantung?

Orang dengan golongan darah O memiliki risiko terendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan orang dengan golongan darah A, B, dan AB.

Studi menunjukkan bahwa orang yang bukan tipe darah O memiliki risiko 25% lebih tinggi terkena kanker pankreas daripada orang dengan golongan darah O.

3 dari 6 halaman

2. Lebih Rentan Terserang Virus?

Seseorang yang memiliki golongan darah O dikatakan lebih rentan terhadap sejumlah infeksi bakteri dan virus dari darah lain.

Seperti contoh adanya wabah kolera, gondong hingga tuberkulosis. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa golongan darah O memiliki insiden ulkus duodenum 35% lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan golongan darah A, B, dan AB.

4 dari 6 halaman

3. Karakteristik Darah Golongan O

Pada umumnya, golongan darah manusia terdiri dari A, B, AB dan O. Namun, golongan itu terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

Yaitu: A+, A-, B+, B-, O+, O-, AB+ dan AB-. Faktanya, golongan darah O tidak memiliki antigen A atau B dalam sel darah merahnya.

Tetapi, golongan darah O memiliki antibodi dari A, B atau AB.

5 dari 6 halaman

4. Pendonor Universal?

Dulu, golongan darah O sering disebut sebagai jenis darah universal yang bisa memberikan donor kepada siapa saja. Namun, itu semua kembali lagi pada jenisnya. 

Jika O+ maka ia bisa didonorkan pada subkelompok RH positif saja (O+, A+, B+, AB+). Begitu sebaliknya dengan golongan darah O- (O-, A-, B-, AB-).

Meski demikian, seiring dengan perkembangan dunia medis, terdapat standar khusus terkait pendonoran darah. Golongan darah O tidak otomatis dapat mendonorkan ke semua golongan darah saat ini.

6 dari 6 halaman

5. Hanya Bisa Menerima Donor dari Golongan Darah O Saja

Meski dapat memberikan bantuan donor kepada sejumlah tipe darah lainnya, golongan darah O hanya bisa menerima dari yang tipenya O saja.

Itulah kelemahan dari darah O. Meski demikian tidak perlu takut. Palang merah telah memiliki stok darah yang siap didonorkan bagi mereka yang membutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini