Sukses

10-11-1969: Serial Sesame Street Mengudara, Berjaya Hingga Kini

Liputan6.com, New York City - Pada hari ini, tahun 1969, serial Sesame Street, yang merupakan pencetus acara televisi untuk anak-anak dirilis untuk pertama kali. Serial yang mengajarkan anak-anak berhitung, membaca, dan aktivitas lain itu langsung membuat jatuh hati para bocah dan orang tuanya.

Pertunjukan itu dimotori oleh Joan Ganz Cooney, seorang mantan pembuat film dokumenter untuk TV publik. Berawal pada 1960-an, di mana 97% rumah-rumah di Amerika Serikat telah memiliki seperangkat televisi. Namun, sedikit sekali acara untuk anak-anak yang baik dan tidak mengandung kekerasan, seperti dilansir dari emmytvlegends.org.

Pada 1966 setelah kritik yang kerap kali dilontarkan Cooney, perempuan itu akhirnya 'curhat' di depan undangan sebuah pesta makan malam. Di antara para tamu, hadir Lloyd Morrisett, Wakil Presiden Carnegie Foundation. Usulan Coney tentang mengubah acara TV untuk anak-anak membuatnya tertarik.

Setelah 2 tahun riset, pada 1968 ia membentuk Children's Televesion Workshop (CTW) dan mendapatkan dana US$ 8 juta dari Carnegie, Ford Foundation, dan pemerintah federal untuk menciptakan acara TV yang baik untuk anak-anak Amerika Serikat.

Cooney pun menciptakan acara untuk para usia prasekolah agar mereka terhibur sekaligus belajar dan membantu anak-anak mempersiapkan diri untuk sekolah. Sesame Street bercerita tentang karakter fiksional yang tinggal di New York City. Alasan pemilihan NYC karena kota itu penuh dengan keragaman etnis dan karakter, serta mengandung pesan positif.

Sesame Street diilhami dengan pertunjukan boneka singkat yang terkenal di AS pada 1960-an. Karena itu, Cooney menciptakan pertunjukan yang serupa dengan menambahkan banyak karakter dan melibatkan aktor sungguhan.

Untuk mewujudkan itu semua, Cooney mengkontak pemain boneka panggung, Jim Henson, untuk menciptakan karakter Sesame Street. Lahirlah tokoh legendaris, Bert and Ernie, Cookie Monster, Oscar the Grouch, Grover dan Big Bird.

Sudah lebih dari 4.000 episode sejak tayangan itu menghiasi televisi AS 46 tahun yang lalu. Acara itu langsung memberi pengaruh yang sangat positif. Sesame Street pun menjadi tayangan pendidikan yang dihormati di seluruh dunia. Tidak ada serial televisi lain yang mampu menandingi kesuksesan dan pengakuan internasional.

Lebih dari 120 negara turut menayangkan serial tersebut dan lebih dari 30 versi internasionalnya telah dibuat.

Di Indonesia, Sesame Street ditayangkan pertama kali oleh TVRI dengan tajuk Jalan Sesama pada 1974 hingga 1990. Tokoh-tokohnya disesuaikan dengan budaya lokal negara kita. Lalu tayangan itu dilanjutkan oleh beberapa TV swasta lainnya hingga sekarang.

Di Afrika Selatan, serial ini dinamai Takalani Sesame yang mengenalkan tokoh berusia 5 tahun bernama Kami yang terinfeksi virus HIV. Kami bertujuan membantu anak-anak Afsel yang hidup dalam stigma penyakit itu.

Serial ini telah memperoleh 109 Emmy Awards, paling banyak dibanding serial TV lainya.

Dari History.com, pada tanggal yang sama, di Jepang tahun 1928, Michinomiya Hirohito naik takhta. Ia menjadi raja ke-124 Negara Sakura itu.

Lalu, di Kamboja pada 1971, pasukan Khmer Merah menyerang Bandara Kamboja di ibukota Phnom Penh. Sebanyak 25 orang tewas, 30 terluka dan 9 kapal rusak akibat serangan itu. Pada waktu yang sama dan tempat berbeda mereka menyerang pusat radio transmisi yang dimiliki pemerintah, 9 orang pegawainya tewas.

Insiden itu telah membuat Phnom Penh tak punya akses ke dunia internasional selama beberapa jam. (Rie/Rmn)**