Sukses

Militan Bombardir Pertandingan Olahraga di Afghanistan, 9 Tewas

Kepala polisi Provinsi Paktika Zarawar Zahid mengatakan, anak-anak termasuk di antara yang terluka dalam seranga di dekat perbatasan.

Liputan6.com, Paktika - Militan di Afganistan membombardir sebuah pertandingan olahraga di provinsi bergolak Paktika timur. Puluhan orang juga terluka dalam serangan itu, namun belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab.

"9 Orang tewas dalam serangan tersebut," kata pihak berwenang seperti dikutip dari BBC, Senin (28/9/2015).

Kepala polisi Provinsi Paktika Zarawar Zahid mengatakan, anak-anak termasuk di antara yang terluka dalam serangan di dekat perbatasan Pakistan.

"Musuh menempatkan bahan peledak pada sepeda motor dan meledakkannya di tepi taman bermain voli," kata Zarawar Zahid.

Sejauh ini belum diketahui jenis pertandingan yang menjadi sasaran ledakan itu, apakah voli, kriket atau sepak bola.

Militan Taliban juga membantah telah menyerang sebuah pertandingan pada November lalu, yang menewaskan 50 orang dalam serangan di pada pertandingan voli di Paktika.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama, ketika 300 militan yang bersekutu dengan ISIS membombardir pos pemeriksaan di Nangarhar. Dua polisi dilaporkan tewas dalam serangan terkoordinasi terhadap pasukan keamanan.

Militan yang berafiliasi dengan ISIS sepertinya sudah mendapatkan dukungan di Afghanistan.

Seorang pejabat setempat mengatakan kepada BBC, sebelumnya pasukan pemerintah baku tembak dengan militan di Distrik Achin dan telah membunuh 60 orang.

Gubernur Achin, Haji Ghalib mengatakan itu adalah pertama kalinya ISIS melakukan serangan terkoordinasi di provinsi tersebut.

Penduduk setempat di provinsi itu mengatakan kelompok itu telah menyiksa dan memenggal kepala orang dan menyandera orang-orang. Serangan datang sehari setelah operasi khusus pasukan pemerintah menewaskan 51 militan ISIS. (Tnt/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini