Sukses

10-3-1965: Usman Harun dan Pengeboman MacDonald House Singapura

Para saksi mata mengaku melihat kilatan cahaya sebelum suara ledakan menggelegar memekakkan telinga di Gedung MacDonald House, Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Jarum jam menunjuk ke pukul 15.07 waktu Singapura, 10 Maret 1965. The Hongkong and Shanghai Bank yang berada di dalam Gedung MacDonald House di Orchard Road sudah tutup 7 menit sebelumnya, namun 150 karyawannya masih sibuk mencatat transaksi hari itu.

Tiba-tiba, ledakan kuat terjadi, merobek pintu lift, menghancurkan dinding dan tangga lantai mezzanine, meruntuhkan pilar-pilar bangunan serta mempertontonkan kerangka baja di dalamnya. Kaca-kaca jendela di bangunan berjarak 100 meter hancur. Dampak bom juga merusak nyaris semua mobil yang terparkir di depan gedung.

Bom juga merusak kantor Komisi Tinggi Australia (Australian High Commission) yang juga ada di dalam bangunan. Para saksi mata mengaku melihat kilatan cahaya sebelum suara ledakan menggelegar memekakkan telinga.

"Pemeriksaan pada bangunan menunjukkan, 9 hingga 11 kilogram bahan peledak nitrogliserin yang digunakan dalam pemboman," demikian Liputan6.com kutip dari situs Singapore Infopedia.

Dua karyawan bank tewas seketika dalam kejadian tersebut: Elizabeth (Suzie) Choo, sekretaris berusia 36 tahun dan asistennya yang baru berusia 23 tahun Juliet Goh. Korban jiwa ketiga adalah Mohammed Yasin bin Kesit, seorang sopir berusia 45 tahun. Korban terakhir menderita koma selama beberapa hari sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Sebanyak 33 orang lainnya juga mengalami cedera akibat insiden tersebut. Deputi Perdana Menteri  Toh Chin Chye mengutuk serangan tersebut dan menyebutnya sebagai 'kekejaman yang tak masuk akal'.



Singapura menyebutnya, aksi terorisme. Sebaliknya, bagi Indonesia, itu adalah aksi heroik.

Selanjutnya: Kisah Usman dan Harun...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Usman dan Harun

Kisah Usman dan Harun

Pagi jelang siang, 10 Maret 1965,  Harun Said dan Usman Bin Hj Mohd Ali tiba di Singapura. Menyamar sebagai orang biasa, 2 prajurit Korps Komando Operasi (KKO) -- sebutan untuk pasukan Marinir pada zaman Presiden Sukarno -- memasuki MacDonald House.

Masing-masing meletakkan bahan peledak di tangga lantai mezzanine, dekat area lift. Setelah memasang timer, mereka meninggalkan bangunan sekitar pukul 15.00, menggunakan bus.

Seorang saksi mata mengaku melihat tas bepergian berbahan kanvas bertuliskan 'Malayan Airways'  di lantai mezzanine -- yang menghasilkan suara mendesis serta kepulan asap.

Tindakan tersebut mereka lakukan atas nama negara. Kala itu,  pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Sukarno menentang penggabungan Federasi Tanah Melayu, Singapura, Brunei, Serawak, dan Sabah ke dalam satu Malaysia.

Tiga hari setelah kejadian, Usman dan Harun ditangkap saat berusaha melarikan diri dari Singapura. Lewat jalur laut.

Pada 20 Oktober 1965, Usman dan Harun dinyatakan bersalah atas kasus pengeboman MacDonald House yang menyebabkan 3 orang tewas. Kasasi mereka ditolak Pengadilan Federal Malaysia pada 5 Oktober 1966. Permintaan terbuka presiden kala itu  Soeharto kepada Lee Kuan Yew untuk memberikan keringanan hukuman kepada dua anggota KKO tersebut juga ditepis. Keduanya lalu dieksekusi gantung pada 17 Oktober 1968.

Penolakan Singapura tersebut memicu kemarahan di Indonesia. Kepulangan jenazah kedua personel KKO itu ke Tanah Air disambut secara besar-besaran.

Ketegangan hubungan antara Indonesia dan Singapura mencapai klimaks. Kedutaan Besar Singapura di Jalan Indramayu, Menteng, Jakarta, diserbu dan dirusak massa yang membawa bambu runcing.

Tiga tahun setelah insiden itu, Lee Kuan Yew merencanakan kunjungan ke Indonesia. Soeharto lantas mengajukan syarat: Lee harus menaburkan bunga di makam Harun dan Usman di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Hal itu disetujui Lee.

"Namun entah dengan pertimbangan apa, PM Lee setuju meletakkan karangan bunga di makam Usman dan Harun," ujar  Abdul Rachman Ramly, liason officer RI pada kasus Usman-Harun, dalam buku Pak Harto The Untold Story. Hubungan Indonesia dan Singapura pun akhirnya pulih. (Baca juga: Lee Kuan Yew: `Dipaksa` Kunjungi Makam Prajurit Indonesia)

Persoalan Usman Harun kembali jadi kontroversi dua negara pada tahun 2014. Gara-garanya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menamakan kapal perang terbarunya sebagai KRI Usman Harun.



Singapura mengajukan protes. Menteri Luar Negeri Singapura K. Shanmugam dalam pernyataan tertulisnya menyebut, "tindakan tersebut akan mengorek kembali luka lama warga Singapura, terutama keluarga para korban."

Namun, Indonesia bergeming. Tak mau ganti nama. "Saya tidak terima kalau Usman-Harun itu dinyatakan sebagai teroris. Mereka (Usman dan Harun) Marinir kok," kata Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko.  

Selain pengeboman MacDonald House Singapura, tanggal 10 Maret juga menjadi momentum sejumlah peristiwa penting dunia. Pada 1876,  Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon pertamanya. Sebuah upaya yang berhasil.

Panggilan telepon perdana itu ditujukan pada Thomas Watson. Ini yang ia ucapkan. "Watson, come here. I need you."

Sementara, pada 1945, pesawat-pesawat pengebom  B-29 menyerang Toyi, Jepang. Menewaskan sekitar 100.000 jiwa. Insiden itu menjadi salah satu aksi bombardir paling mematikan sepanjang sejarah.

Pada 10 Maret 1969 dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan  Dr. Martin Luther King. Ia divonis 99 tahun bui. (Ein/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini