Sukses

27 Penari Terbaik Lolos Final Pagelaran Sabang Merauke, Akan Tampil dengan Isyana pada Agustus Mendatang

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway kembali digelar.

Liputan6.com, Jakarta Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway kembali digelar. Pertunjukan ini merupakan hasil kerja sama BCA dengan iForte sebagai bentuk dedikasi dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Pada tahun ini, acara yang bertajuk “The Audition” ini berhasil menjaring 124 penari berbakat dari seluruh Indonesia. Sebab antusiasme yang tinggi ini, peserta pun diseleksi dengan ketat hingga terpilih 50 finalis yang siap bersaing di ajang final.

Kemudian mereka diundang ke Jakarta untuk mengikuti acara final yang diselenggarakan pada 11 Mei 2024 lalu di Grand Indonesia, Jakarta. Para peserta ini dinilai langsung oleh juri-juri terkemuka dan berpengalaman di bidang industri pertunjukkan.

Juri-juri tersebut yaitu penari senior Didik Nini Thowok, musisi dan penyanyi Isyana Sarasvati, pemerhati seni Giok Hartono, sutradara “The Audition” Rusmedie Agus, dan Koreografer “The Audition” Sandhidea Cahyo Narpati. 

“Pentingnya faktor koreografi, baik yang bersifat wajib maupun bebas. Faktor-faktor lain seperti keautentikan dan keunikan budaya daerah di Indonesia, serta kemampuan memberikan rasa dan ekspresi, menjadi poin penilaian utama,” ujar Sandhidea Cahyo Narpati, Koreografer Pagelaran Sabang Merauke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Peserta “The Audition”

Sebanyak 124 penari muda memiliki antusias tinggi untuk dapat berpartisipasi dalam Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway 2024 ini. Berasal dari berbagai daerah berbeda, para peserta juga memiliki latar belakang budaya serta genre yang berbeda-beda, mulai dari tari tradisional hingga modern.

Setelah hasil kurasi juri, terpilihlah 50 finalis yang siap menampilkan pertunjukkan terbaik mereka. Beberapa provinsi dengan peserta terbanyak yaitu Sumatera Barat 19 orang, Jawa Timur 17 orang, Jawa Tengah 13 orang, Kalimantan Timur 12 orang serta D.I. Yogyakarta 12 orang.

Berdasarkan acara final “The Audition”, terpilih 27 nama sebagai pemenang yang akan ikut tampil dalam pertunjukkan final Pagelaran Sabang Merauke pada bulan Agustus mendatang. Pemenang kali ini didominasi oleh peserta asal pulau Jawa, yaitu sebanyak 13 peserta. Sisanya, pemenang lain tersebar dari pulau besar lain di Indonesia.

“Dalam proses penilaian para finalis, kamu mempertimbangkan banyak hal. Seluruh finalis menunjukkan bakat luar biasa dan semangat untuk melestarikan seni tradisi. Mereka adalah generasi penerus yang patut diacungi jempol. Saya hanya ingin menyampaikan, jangan merasa kecewa jika tidak terpilih karena setiap dari kalian memiliki bakat yang luar biasa,” ungkap Didik Nini Thowok, penari senior yang juga salah satu dewan juri.

3 dari 3 halaman

Tentang Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah dipentaskan sebanyak 4 kali, yaitu pada 26 Maret 2022 di Prambanan, 4 dan 5 Juni 2022 di Drajarta Theater, 12 dan 13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, dan terakhir pada 19 dan 20 Agustus di Jiexpo Kemayoran.

Pagelaran Sabang Merauke ini memadukan aksi pertunjukkan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional. Kemudian, penampilan ditutup dengan parade busana etnik Indonesia.

Selama ini, pagelaran tersebut telah menampilkan lebih dari 300 seniman musik dan tari dari seluruh Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, para penari ini telah berstandar internasional sehingga dapat menunjukan aksi yang spektakuler dan apik di atas panggung.

Setelah 4 kali terlaksana, pada tahun ini Pagelaran Sabang Merauke akan kembali hadir di Jiexpo Convention Centre & Theater Jakarta pada 17 dan 18 Agustus 2024 mendatang.

Nantinya, acara ini akan diisi oleh pertunjukkan dari 27 penari terpilih serta 203 penari Pagelaran Sabang Merauke dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelum itu, mereka pun akan menjalani pelatihan intensif terlebih dahulu selama 2 bulan di Yogyakarta.

“Semua finalis adalah yang terbaik dari yang terbaik, jadi jangan merasa kecil hati jika tidak terpilih. Terima kasih atas energi luar biasa yang kalian berikan malam ini. Kalian sungguh membanggakan,” pungkas penyanyi hits Isyana Sarasvati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.