Sukses

Bolehkah Menggunakan Serum Saat Wajah Berjerawat? Ini Langkah Tepat Memilih Produk untuk Hasil yang Maksimal

Banyak orang yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat bingung dalam memilih skincare. Seringkali muncul pertanyaan, apakah saat berjerawat boleh menggunakan serum? Nah, semua jawabannya ada di sini. Yuk, simak apakah boleh menggunakan serum saat jerawatan!

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu dan menguras waktu. Kulit yang sedang berjerawat memerlukan perawatan dengan produk skincare yang sesuai. Saat mengalami jerawat, penting untuk berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit yang beragam, termasuk jerawat, adalah serum. Namun, masih banyak orang yang ragu dan khawatir tentang penggunaan serum saat jerawat sedang muncul.

Berikut ini fakta lengkap tentang penggunaan serum saat kulit berjerawat sekaligus tips memilih produk yang tepat, dikutip dari my-best.com (06/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bolehkah Wajah Berjerawat Menggunakan Serum?

Orang dengan kulit berjerawat dapat menggunakan serum, namun harus memastikan bahwa serum tersebut mengandung bahan aktif yang secara khusus dirancang untuk mengatasi jerawat. Konsentrasi bahan aktif dalam serum biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya, sehingga serum khusus jerawat memiliki potensi untuk lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit ini.

Sebelum menggunakan serum untuk kulit berjerawat, penting untuk memastikan bahwa wajah sudah dibersihkan dengan baik. Ini penting agar serum dapat meresap dan berfungsi secara optimal di dalam lapisan kulit, serta menghindari kemungkinan efek samping yang tidak diinginkan.

3 dari 8 halaman

Cara Memilih Serum untuk Kulit Berjerawat

Beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih serum untuk jerawat adalah :

1. Prioritaskan serum dengan kandungan antibakteri, seperti asam salisilat, ekstrak kulit willow, atau minyak tea tree.

2. Pilihlah serum yang bersifat non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.

3. Saat mengalami jerawat yang meradang, pastikan untuk memilih serum yang mengandung bahan anti inflamasi, seperti centella asiatica, niacinamide, atau ekstrak teh hijau.

4 dari 8 halaman

Jika Sedang Berjerawat Apakah Boleh Memakai Serum?

Bila kulit sedang berjerawat, tentu perlu perawatan ekstra. Salah satu cara mengurangi dan mengatasi jerawat yang kamu alami adalah dengan menggunakan serum. Serum untuk kulit berjerawat umumnya berguna untuk mengempeskan area jerawat, mengurangi radang, hingga membuat kulit pulih kembali.

 

 

 

 

 

 

5 dari 8 halaman

Apakah Saat Berjerawat Boleh Pakai Serum Niacinamide?

Niacinamide adalah kandungan yang sering digunakan sebagai bahan dasar produk skincare. Tak mengherankan jika produk skincare yang mengandung niacinamide ini banyak dicari, karena dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, pori-pori besar, serta garis halus dan kerutan di wajah.

6 dari 8 halaman

Apa Tanda Serum Tidak Cocok?

Ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan serum adalah muncul sensasi kesemutan atau tingling sensation hingga sensasi panas terbakar. Namun, tingling sensation tidak selalu berarti ciri tidak cocok skincare, karena terkadang sensasi ini juga menjadi tanda bahwa skincare yang Anda pakai sedang bekerja pada kulit.

7 dari 8 halaman

Berapa Lama Bekas Jerawat Hilang dengan Serum?

Serum dengan kandungan ini perlu digunakan setiap hari selama 1–2 bulan agar bekas jerawat bisa hilang. Sementara itu, asam kojic membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu 3 bulan dengan pengolesan secara rutin setiap hari agar efektivitasnya dalam menghilangkan bekas jerawat bisa diperoleh secara maksimal.

8 dari 8 halaman

Apakah Boleh Memakai Serum 2 Jenis Sekaligus?

Batasi pemakaian maksimal 3 serum secara bersamaan supaya tidak menimbulkan masalah kulit lainnya. Penggunaan terlalu banyak serum malah akan membuat efektivitas kandungan di dalamnya jadi tidak bisa bekerja secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.