Sukses

Cara Memilih Produk Penumbuh Brewok yang Tepat, Jangan Salah Beli

Banyak pria yang ingin meningkatkan penampilan dengan menumbuhkan brewok. Untuk menunjang pertumbuhan brewok, simak cara memilih produk penumbuh brewok berikut!

Liputan6.com, Jakarta Memilih produk penumbuh brewok yang berkualitas merupakan langkah penting bagi pria yang ingin tampil lebih maskulin dengan brewok tebal dan sehat. Dalam pasar yang penuh dengan berbagai macam produk, mulai dari minyak hingga serum, seringkali sulit untuk menentukan mana yang benar-benar efektif dan aman digunakan. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa faktor kunci yang harus diperhatikan sebelum membeli produk penumbuh brewok agar tidak salah pilih.

Salah satunya adalah harus diperhatikan adalah kandungan bahan dalam produk tersebut. 

Produk berkualitas biasanya mengandung bahan alami yang terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut seperti minyak jojoba, minyak argan, dan biotin. Bahan-bahan ini juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari iritasi dan masalah kulit lainnya. Sebaliknya, produk dengan bahan kimia berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang merugikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak cara memilih produk penumbuh brewok di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (22/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Perhatikan Bahan Aktif yang Terkandung dalam Produk

Efektivitas vitamin penumbuh brewok sangat bergantung pada bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Di antara berbagai vitamin penumbuh brewok yang tersedia di pasaran, ada tiga jenis bahan aktif utama yang perlu dikenali, yaitu biotin, minoxidil, dan redensyl.

Biotin, yang juga dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan sistem saraf. Biotin bekerja dengan enzim tertentu untuk memproduksi asam amino yang diperlukan dalam pembentukan protein. 

Oleh karena itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat merangsang produksi keratin, komponen protein yang esensial dalam struktur rambut. Menggunakan produk penumbuh rambut dengan bahan aktif biotin umumnya minim efek samping karena kelebihan biotin akan dikeluarkan melalui urine. 

Sedangkan minoxidil adalah obat lain yang bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan cara melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke folikel rambut. 

Namun, beberapa pengguna merasakan efek samping dari penggunaan minoxidil seperti iritasi kulit, kemerahan, dan gatal. Pengguna juga perlu berhati-hati terhadap efek samping yang lebih serius seperti pusing, sesak napas, atau denyut jantung tidak teratur. 

Di sisi lain, redensyl adalah bahan aktif yang dirancang untuk meningkatkan metabolisme rambut dengan mengaktifkan sel papila dermal dan sel induk folikel rambut, yang umumnya aman digunakan tanpa efek samping, bahkan untuk kulit sensitif.

Meskipun penelitian tentang Redensyl sudah dipublikasikan secara internasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) hanya mengesahkan penggunaan minoxidil oles dan finasterid oral sebagai terapi rambut, yang memerlukan pengawasan dokter spesialis kulit.

3 dari 9 halaman

2. Perhatikan Jenis dan Cara Memakainya

Ada berbagai jenis vitamin penumbuh brewok yang dapat ditemukan di pasaran, seperti serum, minyak, krim, hingga pil. Jika mencari produk yang higienis, pilihan yang tepat adalah bentuk cair atau minyak yang dikemas dalam botol spray. Namun, jika ingin memberikan nutrisi lebih maksimal dari dalam tubuh, jenis pil yang diminum bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara penggunaan produk tersebut. Beberapa produk cukup dioleskan, didiamkan, dan kemudian dibilas. Ada juga produk yang cukup dioleskan tanpa perlu dibilas atau yang memerlukan pijatan agar meresap. 

Penting juga untuk diingat bahwa penggunaan produk secara berlebihan tidak akan mempercepat pertumbuhan brewok, melainkan bisa menyebabkan efek samping yang merugikan.

4 dari 9 halaman

3. Utamakan Produk yang Mengandung Bahan Alami untuk Menghindari Alergi

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih produk penumbuh brewok. Selain memperhatikan ketiga bahan aktif tersebut, ada baiknya mempertimbangkan komposisi bahan alami untuk mengurangi risiko alergi.

Beberapa bahan alami yang dapat dipertimbangkan antara lain minyak kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa, atau habbatussauda. Efektivitas penggunaan bahan-bahan alami ini tidak kalah dengan produk berbahan kimia, tergantung pada kondisi kulit masing-masing.

5 dari 9 halaman

Berapa Lama Menumbuhkan Brewok dengan Minoxidil?

Berapa lama hasil penggunaan minoxidil pada brewok akan bertahan? Untuk pemakaian pada kulit kepala, minoxidil umumnya mulai menunjukkan efek dalam 4–8 minggu. Namun, untuk melihat hasil yang maksimal dari pertumbuhan rambut, penggunaan rutin diperlukan selama 4–6 bulan hingga hasil yang signifikan dapat terlihat.

6 dari 9 halaman

Apakah Biotin Dapat Menumbuhkan Brewok?

Agar pertumbuhan rambut semakin lebat, salah satu metode yang wajib Anda coba adalah dengan mengonsumsi vitamin setiap hari. Anda bisa mengambil biotin, yang dikenal efektif untuk menumbuhkan kumis atau merangsang pertumbuhan rambut di wajah agar tumbuh lebih tebal.

7 dari 9 halaman

Berapa Lama Waktu untuk Menumbuhkan Brewok?

Setelah mencukur habis rambut wajah dan merasa yakin, inilah waktunya untuk membuat perubahan besar. Biarkan brewok tumbuh hingga penuh, yang mungkin memerlukan waktu sekitar dua bulan.

8 dari 9 halaman

Apakah Minoxidil Itu Benar-benar Ampuh?

Minoxidil dapat merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat proses kebotakan. Namun, obat ini tidak efektif untuk semua jenis masalah kerontokan rambut dan harus digunakan dengan benar.

9 dari 9 halaman

Apa Efek Samping Minoxidil?

Efek samping yang paling umum dari penggunaan minoksidil topikal adalah kerontokan rambut dan iritasi pada kulit kepala. Namun, larutan dan busa minoksidil biasanya dianggap aman dan efektif dalam mengatasi kerontokan rambut pada pria dan wanita. Banyak dari efek samping ini biasanya menghilang setelah Anda berhenti menggunakan produk tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.