Sukses

Cara Sederhana Pisahkan Kulit Lumpia yang Lengket Agar Tidak Putus

Memisahkan kulit lumpia jadi sangat mudah dan tidak perlu khawatir akan rusak lagi. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain dijadikan lumpia, kulit lumpia juga dapat diolah menjadi hidangan lezat yang lain seperti martabak atau stick roll.

Camilan berbahan dasar kulit lumpia juga relatif lebih nikmat dari yang berbahan kulit pangsit karena lebih renyah dan tipis.

Terlebih lagi, olahan dari kulit lumpia juga jauh lebih mudah dibuat karena kulit lumpia sendiri sangat mudah ditemui dalam harga yang sangat terjangkau dengan isi yang cukup banyak. Belum lagi kulit lumpia dapat bertahan hingga dua puluh hari jika disimpan di dalam kulkas.

Hanya saja, justru di situ letak permasalahannya. Kulit lumpia yang baru dikeluarkan dari kulkas cenderung lebih lengket dan sulit untuk dipisahkan sehingga mudah putus atau robek.

Namun jangan khawatir, seorang pemilik kanal YouTube Jempol Food memiliki cara mudah untuk memisahkan kulit lumpia, yang dirangkum pada Kamis (23/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Diamkan Selama 1 Jam

Tekstur kulit lumpia cenderung akan mulai mengeras dan lengket setelah seharian disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, diamkan kulit lumpia terlebih dahulu di suhu ruang selama satu jam setelah dikeluarkan dari kulkas.

3 dari 11 halaman

Gosok Kulit Lumpia

Usai didiamkan selama satu jam, keluarkan seluruh kulit lumpia secara perlahan agar tidak putus. Pastikan tangan dalam keadaan bersih saat mengeluarkan kulit lumpia.

Agar lebih renggang, gosok kulit lumpia secara pelan-pelan pada semua ujung sisi dengan gerakan seperti mengucek/menggosok baju.

4 dari 11 halaman

Cari Sela-sela Kulit Lumpia

Jika semua ujung sisi sudah digosok, maka tekstur kulit lumpia sudah lebih renggang. Sekarang, cari sela-sela kulit lumpia yang sudah terbuka untuk dicabut. Tekan pada bagian bawah kulit lumpia dengan tangan kiri, lalu tangan kanan untuk memisahkan kulit lumpia.

5 dari 11 halaman

Pisahkan Kulit Lumpia Satu per Satu

Pisahkan kulit lumpia pada sela-sela yang sudah terbuka tadi dengan perlahan sampai benar-benar tercabut. Lakukan langkah ini terus sampai semua kulit lumpia dipisahkan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Kulit Lumpia

7 dari 11 halaman

Apa Itu Kulit Lumpia?

Kulit lumpia terbuat dari tepung gandum yang diolah hingga tipis dan menyerupai lembaran. Selain menjadi pembungkus kudapan lumpia, kulit ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus berbagai produk lain, seperti wonton dan pangsit.

8 dari 11 halaman

Bolehkah Kulit Lumpia Diimpan di Kulkas?

Letakkan semua kulit lumpia yang telah dibungkus tisu ke dalam kantong plastik. Setelah itu, simpan kantong plastik tersebut di dalam chiller atau bagian bawah lemari es. Dengan cara ini, kulit lumpia bisa bertahan hingga 10-15 hari dan tetap mudah diambil saat diperlukan.

9 dari 11 halaman

Berapa Harga Kulit Lumpia Isi 50?

Di berbagai platform E-commerce, kulit lumpia dapat dibeli dengan harga sekitar 9-12 ribu, tergantung pada merk dan kualitasnya.

10 dari 11 halaman

Kulit Lumpia dan Kulit Risol Apakah Sama?

Kulit lumpia terbuat dari kombinasi air, tepung, putih telur, minyak, dan garam. Sebaliknya, kulit risoles dibuat dengan mencampurkan telur, susu, dan margarin. Karena penggunaan susu, tekstur kulit risoles menjadi lebih kenyal, sedangkan kulit lumpia cenderung lebih tipis dan mudah rapuh.

11 dari 11 halaman

Jamur pada Kulit Lumpia Apakah Aman?

Jamur pada kulit lumpia menandakan bahwa makanan tersebut mungkin sudah tidak layak untuk dimakan, karena bisa menimbulkan risiko keracunan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.