Sukses

Bak Mercusuar di Tengah Kota, Ini Potret Rumah Termahal di Dunia Milik Konglomerat Ambani yang Terdiri dari 27 Lantai

Rumah mewah milik Ambani diakui oleh Guinness Book of World Records sebagai salah satu properti termahal di dunia. Harganya diperkirakan sekitar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Ambani menarik perhatian publik dengan mengundang sejumlah selebriti ternama seperti Rihanna, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg ke acara pranikah Anant Ambani, putra dari konglomerat India, Mukesh Ambani. Sebagai miliarder terkemuka di Asia, Mukesh Ambani meraih keuntungan signifikan dari kerajaan bisnisnya yang luas. Menurut Forbes Real Time Net Worth, kekayaan bersih Mukesh Ambani mencapai US$ 94,4 miliar atau sekitar Rp 1.421 triliun (kurs Rp 15.058).

Keluarga Ambani juga dikenal memiliki kediaman mewah yang diakui sebagai salah satu yang termahal di dunia oleh Guinness Book of World Records. Berdasarkan informasi dari Luxe Digital, rumah Ambani adalah rumah termahal kedua di dunia setelah Istana Buckingham. Nilai properti tersebut diperkirakan mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai potret rumah termahal di dunia milik keluarga Ambani? Berikut ulasannya yang dirangkum pada Rabu (22/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Rumah Termahal di Dunia

Hunian milik konglomerat Ambani didesain oleh arsitek Perkins and Will yang bekerja sama dengan perusahaan konstruksi Australia, Leighton Holdings, dengan total pengeluaran yang luar biasa.

Rumah ini diperkirakan menjadi properti termahal kedua di dunia setelah Istana Buckingham. Mukesh Ambani dan keluarganya mengeluarkan dana sekitar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun untuk mendirikan bangunan tinggi tersebut.

3 dari 13 halaman

Terdiri dari 27 Lantai

 

Bangunan tersebut terdiri dari 27 lantai dan dinamai Antilia, diambil dari nama pulau legendaris. Tiap lantai dirancang dengan konsep langit-langit tinggi, sehingga gedung ini mencapai ketinggian 570 kaki, setara dengan bangunan 40 lantai.

4 dari 13 halaman

Tinggi Menjulang di Tengah Kota

Bangunan 27 lantai yang megah ini dibangun di lokasi paling bergengsi di Mumbai. Berada di Jalan Altamount di kawasan Selatan Mumbai, Antilia menjadi salah satu tempat tinggal yang sangat mencolok. Struktur tinggi yang menjulang ini laksana mercusuar di tengah-tengah kota.

5 dari 13 halaman

Tahan Gempa

 

Rumah yang terinspirasi dari legenda Pulau Atlantis tidak hanya dirancang dengan bangunan yang tinggi menjulang, tetapi juga memiliki kemampuan untuk bertahan dari gempa hingga mencapai skala Richter 8.

6 dari 13 halaman

Fasilitas Mewah

Di dalam Rumah Antilia, terdapat berbagai fasilitas mewah. Mulai dari sebuah kuil besar, kamar-kamar tamu yang megah, 3 helipad, spa dengan kolam renang dalam ruangan, studio yoga, ruang bioskop pribadi yang dapat menampung hingga 50 orang, hingga kedai es krim. 

Tidak hanya itu, rumah ini juga memiliki ruang yang dilapisi dengan salju yang menghasilkan kristal-kristal salju. Untuk berpindah dari satu lantai ke lantai yang lain, keluarga Ambani mengandalkan 9 lift yang sangat cepat.

7 dari 13 halaman

Garasi Mobil 6 Lantai

Demi mengejar passionnya dalam mengumpulkan mobil mewah, Ambani mengalokasikan enam lantai secara eksklusif untuk tempat parkir mobil. Kapasitasnya mencapai 168 mobil. Tak hanya itu, lantai ketujuh rumah ini juga difungsikan sebagai zona servis khusus untuk mobil.

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ambani

9 dari 13 halaman

Berapa Kekayaan Keluarga Ambani?

Pada tahun 2022, perkiraan nilai perusahaan Ambani, Reliance Industries, mencapai US$ 220 miliar.

10 dari 13 halaman

Siapa Orang Terkaya Nomor 1 di India?

Dengan kekayaan total senilai Rp 1.269 triliun, Mukesh Ambani meraih gelar orang terkaya di India yang terdepan.

11 dari 13 halaman

Mukesh Ambani Terkaya ke Berapa?

Menurut data dari Forbes, Mukesh Ambani, yang berusia 66 tahun, saat ini menempati peringkat ke-10 dalam daftar orang terkaya di dunia. Di kawasan Asia, beliau dikenal sebagai individu dengan kekayaan tertinggi. Reliance Industries, perusahaan yang dimilikinya, merupakan salah satu konglomerat terbesar di India. Pendapatan tahunannya dilaporkan mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS, setara dengan sekitar Rp 1.500 triliun.

12 dari 13 halaman

Berapa Harga Rumah Mukesh Ambani?

Setelah selesai proyek konstruksi pada tahun 2010, Antilia menjadi tempat tinggal baru bagi Mukesh Ambani dan keluarganya pada akhir tahun 2011 dikarenakan beberapa permasalahan yang muncul. Dengan nilai diperkirakan mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp31,2 triliun, rumah mewah ini menjadi tempat tinggal baru bagi mereka.

13 dari 13 halaman

Rumah Mukesh Ambani di Mana?

Di Mumbai, India, terdapat sebuah rumah yang terkenal dengan sebutan Antilia. Menurut laman Magicbricks yang dikutip pada Jumat (8/3/2024), Antilia kini menjadi properti paling mahal di India. Selain rumah tersebut di Mumbai, Mukesh Ambani juga memiliki properti di Stokes Park, London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.