Sukses

Hanya dengan 1 Bahan, Ini Cara Bikin Ayam Goreng Kentucky Agar Matang dan Tidak Amis

Ayam goreng kentucky kini bisa dibikin sendiri dirumah dengan rasa yang lebih nikmat. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ayam kentucky sebenarnya merupakan sebuah sebutan untuk ayam goreng tepung yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Inspirasi ayam kentucky ini tentu berasal dari salah satu waralaba ayam cepat saji terkemuka di dunia yaitu KFC (Kentucky Fried Chicken). Karena pengaruhnya, banyak penjual ayam goreng baik dalam skala restoran hingga kaki lima yang mencoba mengimitasi rasa dan sensasi ayam kentucky.

Alih-alih membeli di luar, ayam kentucky dapat dibuat sendiri di rumah dengan cukup mudah. Hanya saja membuat ayam goreng kentucky sampai matang sempurna memiliki tantangan tersendiri, terlebih lagi jika masih ada sisa darah yang membuat ayam bau amis.

Meskipun begitu, salah satu YouTuber dengan kanal Ayah Salmah 09 memiliki cara khusus agar ayam kentucky matang sempurna, yang dirangkum pada Kamis (23/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Lapisi dengan Tepung Cair

Pertama-tama, siapkan beberapa potong ayam di dalam baskom yang sudah diberikan berbagai bumbu layaknya ayam kentucky. Setelah itu, masukkan sekitar satu sendok adonan tepung pelapis cair ke dalam baskom lalu aduk sampai tercampur rata.

3 dari 11 halaman

Campur dengan Tepung Kering

Sesudah ayam kentucky tercampur rata dengan tepung cair, masukkan semua ayam ke dalam baskom berisi tepung kering lalu kocok-kocok sampai semua ayam terbalut sempurna.

4 dari 11 halaman

Saring dalam Rendaman Air

Siapkan mangkuk dan saringan plastik berongga, lalu isi air sampai penuh. Masukkan semua ayam yang sudah dilumuri tepung kering tadi ke dalam rendaman air tersebut. Tunggu beberapa saat sebelum meniriskan semua ayam tersebut.

Jika sudah tiris, masukkan lagi semua ayam kentucky ke dalam tepung kering untuk masuk ke proses penepungan yang kedua sampai keriting.

5 dari 11 halaman

Masukkan Ayam ke Penggorengan

Panaskan minyak deep fried dalam jumlah banyak sampai menyentuh suhu 150 derajat celcius. Masukkan masing-masing bagian ayam kentucky dimulai dari yang paling rentan mengeluarkan darah. Urutannya adalah: paha atas, paha bawah, sayap dan dada.

Cukup goreng ayam selama dua belas menit saja tanpa perlu diaduk karena sudah terendam dalam minyak panas. Sesudah dua belas menit, angkat dan tiriskan ayam menggunakan basket fryer.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ayam Kentucky

7 dari 11 halaman

Apa Arti Ayam Kentucky?

Ayam Kentucky merupakan sajian ayam goreng berbalut tepung yang menciptakan tekstur renyah di luar namun tetap empuk di dalam. Proses membuat ayam Kentucky ini sebenarnya sederhana sehingga dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu membelinya di restoran.

8 dari 11 halaman

Apa Perbedaan KFC dan Kentucky?

Dikabarkan bahwa Kentucky menggunakan berbagai merek dan produk yang mencantumkan nama mereka untuk melunasi utang. Oleh karena itu, Kentucky Fried Chicken mengganti namanya menjadi KFC. Setelah itu, perusahaan dan produk lain yang memakai kata "kentucky" juga ikut mengubah nama mereka.

9 dari 11 halaman

Apa Itu Tepung Kentucky?

Tepung bumbu kentucky adalah tepung instan yang siap pakai sebagai bahan dasar untuk menciptakan lapisan renyah pada berbagai hidangan. Saat ini, banyak tepung bumbu kentucky yang dibuat dari rempah berkualitas tinggi dan mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

10 dari 11 halaman

Apakah Kentucky Mengandung Protein?

Ayam goreng kentucky memang menjadi sumber protein yang baik, namun hal ini bukanlah perhatian utama bagi para ahli kesehatan.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Kentucky Bertahan?

Ternyata, kerenyahan ayam kentucky ini bisa awet untuk beberapa hari. Menurut informasi dari stilltasty.com, ayam goreng berbalut tepung (ayam kentucky) dapat tetap renyah hingga 3-4 hari jika disimpan dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.