Sukses

5 Tanda Anda Bisa Memercayai Seseorang Sepenuhnya

Jika Anda ingin tahu apakah Anda bisa memercayai orang yang sedang Anda cintai atau tidak, luangkan waktu sejenak untuk membaca deretan hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan yang sehat itu indah, kuat, dan menawan tetapi butuh waktu untuk mengembangkan ikatan yang aman dan belajar membangun kepercayaan dengan pasangan Anda, terutama jika Anda pernah disakiti sebelumnya.

Masalah kepercayaan cukup umum dalam hubungan, dan pengkhianatan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk mempercayai cinta baru selama bertahun-tahun, yang dapat menambah ketegangan yang tidak perlu bagi Anda berdua.

Namun, sesulit apa pun kelihatannya, Anda dapat mempelajari cara melepaskan masa lalu dan melanjutkan hidup sehingga Anda dapat mencegah masalah dan sakit hati sebelumnya menghancurkan hal hebat yang Anda temukan dengan seseorang yang baru. Jika Anda telah mengetahui rasa sakit dari pengkhianatan, Anda juga telah mengetahui rasa takut untuk percaya sepenuhnya lagi.

Kepercayaan mungkin merupakan aset paling kuat yang dimiliki manusia dan yang paling sulit serta menyakitkan untuk hilang. Untuk menentukan cara membangun kepercayaan yang lebih baik, penting untuk memahami apa arti kepercayaan dalam suatu hubungan, serta tanda-tanda Anda dapat mempercayai seseorang. 

Dalam hubungan pribadi, khususnya pernikahan, kepercayaan adalah dasar untuk kepuasan hubungan dan umur panjang. Karena manusia terikat untuk menjalin ikatan, kurangnya kepercayaan di rumah bisa sangat mengganggu stabilitas. Ini dapat berdampak negatif pada kepercayaan diri Anda pada hubungan pribadi dan pekerjaan lainnya.

Mendapatkan pemahaman yang jelas tentang tanda-tanda Anda dapat memercayai seseorang akan mengubah hidup Anda dan membuat Anda merasa aman dalam hubungan yang sehat. Jika Anda ingin tahu apakah Anda bisa memercayai orang yang sedang Anda cintai atau tidak, luangkan waktu sejenak untuk membaca deretan hal berikut ini. Dilansir dari Yourtango, berikut ini deretan tanda pasangan Anda dapat dipercaya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Orang yang dapat dipercaya bersifat transparan

Apakah orang yang sedang Anda jalin hubungan ini terbuka? Apakah Anda juga terbuka dengan orang ini? Setiap orang membutuhkan setidaknya satu orang yang dengan Anda benar-benar transparan, seseorang yang dapat Anda ungkapkan kebenaran kemanusiaan Anda, dan dengan siapa Anda dapat bertukar kebenaran tentang yang baik dan yang buruk. 

3 dari 6 halaman

2. Orang yang dapat dipercaya mempraktikkan timbal balik

Setiap hubungan kepercayaan yang tinggi harus memiliki kemampuan untuk tanggap terhadap kebutuhan yang dirasakan dan nyata satu sama lain. Anda belajar menguji validitas perasaan Anda dengan mendapatkan umpan balik dari orang yang paling Anda percayai.

Berbagi perasaan Anda adalah hal yang berisiko. Selalu ada kemungkinan bahwa perasaan Anda tidak didasarkan pada kenyataan. Namun demikian, mereka nyata dan bisa menyakitkan bagi Anda. Anda tahu bahwa Anda dipercaya saat Anda dapat berbagi perasaan tanpa filter dengan orang lain tanpa takut dihakimi. Responsif sensitif semacam ini perlu bolak-balik. Tanpanya, transparansi akan terganggu dan kepercayaan dalam hubungan tidak akan tumbuh.

4 dari 6 halaman

3. Orang yang dapat dipercaya pengertian

Dalam hubungan Anda yang paling terpercaya, Anda perlu mendengar orang lain merespons Anda dengan pengertian penuh kasih. Saat kamu merasa tidak dimengerti, kamu akan menutup diri dan berhenti berbagi.

Yang benar adalah bahwa hanya sedikit orang yang benar-benar memahami siapa Anda. Akibatnya, Anda harus jeli tentang bagaimana Anda terbuka dengan orang-orang yang tidak mengetahui gambaran besar hidup Anda.

Ada orang seperti terapis yang sangat ahli dalam memahami dan memvalidasi perilaku manusia. Seorang teman yang telah mengenal Anda selama bertahun-tahun dapat memberikan penerimaan yang sama. Orang yang tidak dapat dipercaya tidak akan melakukan ini.

5 dari 6 halaman

4. Orang yang dapat dipercaya menghargai keamanan

Hubungan yang dapat dipercaya aman. Mereka akan melindungi kesucian rahasia terdalam Anda. Mereka tidak akan pernah menggunakan kata-kata Anda untuk melawan Anda.

Jika Anda sudah menikah, mereka akan berhati-hati untuk tidak menjalin hubungan yang intim secara emosional atau fisik dengan orang lain. Mereka akan membela Anda dan menawarkan bantuan saat Anda membutuhkan. Mereka akan mengasuh dan melindungi anak-anak Anda.

Orang yang dapat dipercaya akan selalu berkata jujur. Anda dapat mempercayai mereka dengan uang Anda. Mereka memiliki nilai-nilai spiritual yang mengarahkan mereka untuk menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan mereka sendiri.

6 dari 6 halaman

5. Orang yang dapat dipercaya hebat dalam manajemen waktu

Manajemen waktu adalah ukuran kepercayaan. Anda hanya memiliki jumlah jam yang terbatas dalam hidup ini. Orang yang dapat Anda percaya menghargai dan mengelola waktu yang kami tawarkan kepada mereka. Mereka juga mengatur waktu mereka dengan baik dalam kehidupan pribadi mereka dan di tempat kerja mereka.

Dalam pernikahan, mereka meluangkan waktu setiap hari untuk mendengarkan dan memahami Anda. Mereka menempatkan waktu bersama Anda di atas semua prioritas lainnya. Mereka mengambil waktu pribadi untuk perkembangan fisik, emosional, dan spiritual mereka sendiri.

Otak Anda terhubung untuk membutuhkan koneksi emosional, stimulasi intelektual, dan kenyamanan fisik. Anda membutuhkan orang yang sangat Anda percayai untuk memenuhi kebutuhan ini. Transparansi, timbal balik, pengertian, keamanan, dan waktu adalah pilar yang membentuk dasar untuk hubungan saling percaya bertahan seumur hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.