Sukses

5 Teknik Sederhana yang Bisa Mengatasi Stres dengan Cepat

Ada 5 teknik sederhana dan cepat yang mungkin berguna untuk melepaskan Anda dari semua stres.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Umumnya stres dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 40 juta orang dewasa di AS mengalami gangguan kecemasan, yang membuat hidup mereka sangat sulit untuk diatasi. 

Selain itu, sekitar 77% orang mengatakan bahwa tingkat stres mereka yang meningkat berdampak negatif pada kesehatan fisik mereka. Penting untuk diketahui bahwa satu-satunya orang yang dapat membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan adalah diri Anda sendiri.

Jangan khawatir, karena ada 5 teknik sederhana dan cepat yang mungkin berguna untuk melepaskan Anda dari semua stres. Berikut ulasannya dilansir dari Brightside, Minggu (29/1/2023).

1. Metode Jepang kuno

Menurut teknik ini, 5 jari kita mengekspresikan perasaan dan emosi yang berbeda.

  • Jempol: Itulah yang membantumu menghilangkan kecemasan dan banyak kekhawatiran.
  • Telunjuk: Ini mewakili ketakutan Anda.
  • Tengah: Kemarahan dan kepahitan bisa dilawan melalui jari ini.
  • Jadi manis: Anda dapat menyingkirkan melankolis dan depresi.
  • Kelingking: Di situlah harga diri Anda berada, yang memberi Anda optimisme dalam hidup.

Rupanya Anda bisa meredakan stres dengan melakukan pijatan pada setiap jari tanganmu. Langkah pertama adalah meraih setiap jari dengan tangan yang berlawanan dan menahannya dengan erat. Anda mulai dengan ibu jari dan ulangi dengan setiap jari.

Anda perlu memegang setiap jari selama 1-2 menit. Setelah beberapa waktu, Anda akan mulai merasakan denyut nadimu, dan saat itulah Anda akan mengetahui bahwa teknik ini benar-benar bekerja.

Anda dapat mengulangi latihan ini setiap hari dan Anda mungkin memperhatikan seberapa baik Anda mengatasi stres dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berikan tekanan pada bagian tengah telapak tangan Anda

Anda bisa mengombinasikan senam jari yang disebutkan di atas dengan metode tekanan ini. Anda cukup memberikan sedikit tekanan di tengah telapak tangan dengan ibu jari yang berlawanan selama minimal 1 menit.

Anda juga bisa memijat titik ini dengan gerakan berlawanan arah jarum jam dan Anda mungkin melihat detak jantung cepat Anda menurun.

3. Lakukan pernapasan perut

Langkah pertama di sini adalah menemukan tempat yang nyaman, baik dengan Anda duduk atau berbaring. Selanjutnya, Anda harus meletakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut.

Anda harus menarik napas dalam-dalam, tetapi melalui perut, bukan dada. Dengan cara ini, perut Anda akan mendorong tangan Anda ke atas, tetapi dadamu akan tetap seperti apa adanya tanpa ada gerakan.

Anda dapat menghembuskan napas dengan bibir mengerucut, seolah-olah Anda sedang mencoba bersiul. Tangan di perut Anda harus kembali ke dalam. Bahkan, Anda bisa menggunakan tangan itu untuk mendorong semua udara keluar dari perutmu.

Anda dapat mengulangi latihan ini 3 hingga 10 kali. Jangan terburu-buru, tetapi berikan napasmu sebanyak yang diperlukan. Anda harus mencatat bagaimana perasaan Anda tentang metode ini dan jika itu meningkatkan detak jantungmu, maka Anda dapat terus melakukannya.

3 dari 4 halaman

4. Lakukan peregangan

Ada banyak latihan peregangan yang dapat Anda praktikkan dengan mudah di rumah, tetapi kami pikir kami akan membagikan 2 latihan yang mungkin tidak Anda ketahui.

Untuk yang ini, Anda harus berdiri dengan kaki terpisah 3-4 kaki dan tangan di belakang punggung. Tangan Anda harus memegang kedua ujung handuk. Anda kemudian harus membungkuk ke depan dengan kepala menghadap ke tanah. Kemudian Anda bisa mulai menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah sambil tetap memegang handuk.

Anda juga dapat mencoba gerakan memutar tulang belakang, di mana Anda harus duduk tegak ke tepi kursi. Kemudian letakkan tangan kanan di belakang kursi dan tangan kiri di paha kanan. Tarik napas dalam-dalam dan putar tulang belakang Anda ke kanan lalu ulangi latihan dari sisi yang lain.

4 dari 4 halaman

5. Lakukan Mindfulness

Mindfulness adalah praktik di mana kita berkonsentrasi penuh pada pikiran dan perasaan kita. Ini tentang berkonsentrasi penuh pada kehidupan saat ini, tidak peduli seperti apa bentuknya. Dan ada cara untuk melakukannya melalui pernapasan:

Pertama, Anda perlu mencari waktu dan tempat di mana Anda bisa tetap tenang dan berkonsentrasi pada pikiran batin Anda. Itu bisa di kereta dalam perjalanan pulang, di kamar mandi, atau saat menyiapkan makan malam.

Berkonsentrasilah pada pernapasanmu dengan memperhatikan gerakan perutmu saat bernapas masuk dan keluar. Lupakan semua hal lain yang mengganggu otakmu.

Cobalah untuk tetap dalam keadaan tenang setidaknya selama 5 menit dan jangan biarkan pikiran lain memasuki pikiranmu. Anda seharusnya hanya fokus pada pernapasanmu. Hal ini akan membantu meredakan stresmu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.