Sukses

Bisa Bahasa Arab, Suporter Korsel di Piala Dunia 2022 Pukau Reporter Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 memiliki banyak momen yang mengundang perhatian khalayak.

Salah satunya yaitu terdapat video yang memperlihatkan suporter Korea Selatan (Korsel) yang bisa berbahasa Arab ketika diwawancara oleh reporter lokal di sana.

Momen menarik ini terjadi sehari setelah laga timnas Korea Selatan (Korsel) kontra Ghana yang bertanding pada Senin malam, 28 November 2022. Akhir dari pertandingan itu Taegeuk Warriors kalah dengan skor 2-3 dari Ghana.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @qatarliving, Kamis 1 Desember 2022, terlihat reporter dari Qatar yang tengah mewawancarai seorang suporter timnas Korea Selatan.

Reporter tersebut mulanya menggunakan bahasa Inggris saat bertanya pada suporter itu. Dia menyapa dan bertanya asal negara suporter itu.

Setelah mengetahui pendukung tersebut dari Korea Selatan, reporter itu langsung menanyakan tanggapannya terkait pertandingan Korea Selatan melawan Ghana.

"What happened Korea with Ghana? (Apa yang telah terjadi antara Korea dengan Ghana?)," ujar reporter itu.

"Yesterday, it was so sad because lost, Ghana Won, (Kemarin, itu sangat sedih karena kalah, Ghana menang)," ungkap suporter dari Negeri Ginseng itu menimpali sang reporter.

Menariknya, suporter tersebut melanjutkan perkataannya dengan menyebut ungkapan dari bahasa Arab. Nampak reporter itu terkejut ketika tahu narasumbernya itu bisa berbicara bahasa Arab.

"But insha'Allah we'll be..." kata suporter Korsel.

Belum sempat menyelesaikan kalimatnya, sang reporter sudah lebih dulu menanyakannya apakah bisa berbicara bahasa Arab.

"Insha'Allah, do you speak Arabic?" tanya reporter itu.

"Iya, bisa sedikit," balas suporter Korsel yang langsung menggunakan bahasa Arab dalam percakapannya.

Tidak hanya reporter itu yang terlihat senang ketika narasumbernya bisa menggunakan bahasa resmi di sana, orang-orang di belakang mereka yang mendengarnya juga langsung tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Suporter Korsel Mengeksplor Qatar

Setelah mengetahui narasumbernya bisa berbahasa Arab, reporter itu kemudian melanjutkan wawancaranya menggunakan bahasa Arab.

Meskipun suporter Korsel itu mengatakan dirinya hanya bisa sedikit, nyatanya dia mampu menjawab pertanyaan dari reporter dengan bahasa resmi di sana.

Sang reporter bertanya ke mana saja suporter itu pergi selama di Qatar. Suporter tersebut menjawab bahwa dia mengunjungi laut dan peternakan.

Lebih lanjut, reporter menanyakan apa yang dilakukan saat di peternakan itu. Suporter Korsel itu menjawab dia meminum susu unta.

Mendengar ucapan sang narasumber, nampak reporter itu menunjukkan raut wajah yang tidak menyangka sekaligus terpukau.

3 dari 4 halaman

Mencoba Karak, Teh Khas Qatar

Pendukung dari Korsel itu kemudian ditanya makanan yang telah dia coba di Qatar. Lalu, dia menjawab hari itu dia telah memakan balaleet untuk sarapannya, lalu makanan lain yang telah dia coba, yaitu sambosa, lqaimat, dan shakshuka.

Lantas reporter bertanya juga apakah dia sudah meminum karak, teh khas Qatar. Suporter itu membalas bahwa dia sudah meminum karak sebanyak empat cangkir.

"All people came to Qatar drunk Karak now (Semua orang datang ke Qatar untuk meminum Karak sekarang)," reporter itu memungkas.

 

@qatarliving Qatar has truly won the hearts of people from every corner of the world! قطر تأسر قلوب المُشجعين من كافة الجنسيات والثقافات! 🎥: AlKass channel #qatar #qatarworldcup #قطر #qatarworldcup ♬ original sound - qatarliving
4 dari 4 halaman

Seorang YouTuber Hobi Traveling

Dalam kolom komentar di video yang bersangkutan, beberapa akun TikTok lainnya memberi tahu bahwa narasumber itu adalah seorang YouTuber. Diketahui, nama saluran YouTube suporter Korsel itu adalah Chomad.

"Orang Korea itu memiliki channel YT "Chomad", dia sangat tertarik dengan budaya Arab dan sering bepergian ke negara Arab," tulis salah satu akun TikTok di kolom komentar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS