Sukses

John Herdman Ingin Jadi Pelatih Kanada hingga Piala Dunia Berikutnya

Liputan6.com, Jakarta - John Herdman telah memandu Kanada ke penampilan pertamanya dalam sejarah di Piala Dunia setelah penantian panjang selama 36 tahun. 

Pelatih 47 tahun ini mengatakan, dirinya ingin tetap bertanggung jawab atas timnas Kanada hingga putaran final Piala Dunia 2026. Pada Piala Dunia berikutnya, Kanada akan menjadi tuan rumah bersama Amerika Serikat dan Meksiko. 

Mengutip Channel News Asia, Kamis (1/12/2022), Herdman yang berasal dari Inggris menjelaskan bahwa, ia berencana untuk tetap menjadi pelatih hingga 2026. Kanada yang sudah tersingkir bersiap untuk memainkan pertandingan grup terakhir mereka di Qatar melawan Maroko pada Kamis ini. 

"Saya telah melakukan 11 tahun yang luar biasa di negara ini, mencintai negara ini, mencintai orang-orangnya, dan bersemangat untuk tahun 2026," kata Herdman, yang timnya dikalahkan Belgia dan Kroasia dalam dua pertandingan pembuka. 

"Saya telah merintis untuk jangka waktu yang lama dan Anda tidak akan menemukan orang yang bergairah seperti saya tentang program ini atau para pemain ini atau staf ini. Anda tidak akan menemukan orang yang bergairah seperti saya yang ingin membawa negara ini ke tingkat berikutnya," ujar pelatih kelahiran 19 Juli 1975 ini. 

Herdman yang pernah melatih wanita Kanada meraih dua medali perunggu Olimpiade sebelum mengambil alih program sepak bola pria senior, telah menarik perhatian tim profesional dan akan mempertimbangkan untuk pindah menjadi pelatih di klub ke sepak bola.

Setelah bertugas sebagai pelatih sepak bola wanita Selandia Baru, Herdman mengambil alih tim wanita Kanada pada 2011 dan membimbing mereka ke tempat ketiga di Olimpiade 2012 dan 2016. 

Pada tahun 2018, Canada Soccer membuat langkah berani dengan menyerahkan pekerjaan membangun kembali tim pria kepada Herdman, yang membawa Kanada kembali ke Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah menyelesaikan kualifikasi Zona CONCACAF. Itu adalah perjuangan yang tidak mudah mengingat Kanada bukan negeri sepakbola.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil John Herdman, Guru SD yang Bawa Kanada ke Piala Dunia 2022

Andai John Herdman lolos dalam trial di Noots County, salah satu klub tertua di Inggris dari Nottingham mungkin dunia tidak mengenalnya sebagai pahlawan sepak bola Kanada.

Tak hanya sekadar pahlawan, Herdman juga sangat layak bila disebut sebagai legenda sepak bola Kanada. Ia jadi pelatih pertama dalam sejarah yang berhasil membawa tim sepak bola wanita dan pria suatu negara untuk lolos ke Piala Dunia.

Kegagalan di Noots County itu yang kemudian membulatkan tekadnya untuk fokus dalam dunia kepelatihan dan memulai kursus saat usianya baru 16 tahun. Di usia 17 tahun, John Herdman yang dilahirkan di kota kecil bernama Consett pada 19 Juli 1975, sudah mendapat lencana kepelatihan pertamanya.

Usai mendapatkan sertifikat kepelatihan ia melanjutkan kuliah ke Leeds Trinity University, mengambil jurusan sport science dan bergabung ke dalam tim sepak bola universitas. Tak sekadar bermain, John Herdman juga menyalurkan ilmunya sebagai pelatih.

Setelah lulus, John Herdman kemudian kembali ke Consett dan menjadi seorang guru SD di St. Patrick, sekolahnya dulu semasa kecil. Kemudian Herdman melanjutkan karier sebagai pelatih Akademi Sunderland.

Meski begitu ia sempat diragukan kredibilitasnya sebagai seorang pelatih. Maklum saja, ada skeptisisme di Inggris terhadap seorang pelatih yang tidak punya karier sebagai pemain professional. Herdman menyadari bahwa masa depan kariernya di sepak bola Inggris yang konservatif sangatlah tipis.

 

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Hasil Piala Dunia 2022: Andrej Kramaric 2 Gol, Kroasia Bungkam Kanada

Sebelumnya, Kroasia memetik kemenangan perdana pada Piala Dunia 2022. Sempat tertinggal, mereka menghajar Kanada 4-1 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022).

Pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 ini disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksian melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Alphonso Davies mencetak gol tercepat pada Piala Dunia Qatar dengan merobek gawang Kroasia saat laga berusia 68 detik. Torehan tersebut pun menumbuhkan keyakinan mereka.

Namun, Kroasia perlahan menggunakan kualitas mereka untuk menguasai laga. Marko Livaja menguji kiper Milan Borjan usai meneruskan umpan Mateo Kovacic.

Andrej Kramaric mengira sudah menyamakan kedudukan setelah menyelesaikan penetrasi di sisi kiri pertahanan Kanada. Namun golnya dianulir karena offside.

Lareya kembali menguji kiper Kanada, sebelum gol penyama kedudukan akhirnya tiba. Kramaric memaksimalkan sodoran Ivan Perisic pada menit ke-36. Livaja lalu membawa Kroasia balik unggul lewat golnya di menit ke-44. Skor jadi 2-1 pada laga Kroasia vs Kanada.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2026

FIFA merilis daftar kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Turnamen yang diadakan setiap empat tahunan ini, akan diadakan di tiga negara. Siapa saja mereka?

Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, mereka akan menjadi tiga negara tuan rumah turnamen sepak bola terbesar ini. Tahun 2002 menjadi gelaran terakhir yang menerapkan lebih dari satu tuan rumah, ketika itu Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah saat ini.

Selain mengumumkan negara penyelenggara, FIFA juga telah merilis kota yang akan menjadi tuan rumah. 

"Kami mengucapkan selamat terhadap 16 kota tuan rumah penyelenggara Piala Dunia atas komitmen serta semangat yang luar biasa," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti yang dikutip dari laman resmi federasi, Sabtu (18/6/2022)

"Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah untuk semua orang di kota serta negara bagian yang terpilih menjadi tuan rumah khususnya bagi FIFA serta para tuan rumah mulai dari Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang akan segera menampilkan pertunjukan terhebat bagi seluruh dunia,” lanjutnya.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat kami berusaha membuat sepakbola benar-benar mendunia,” tutup pria berusia 52 tahun tersebut.

Terdapat 16 kota yang menjadi tuan rumah nantinya untuk mengadakan pertandingan yang akan diikuti oleh berbagai negara dari belahan dunia. Berikut ini daftarnya:

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS