Sukses

8 Alasan Buat Kamu yang Masih Ragu Pengen Punya Kucing Jadi Hewan Peliharaan

Kucing dikenal mudah bersahabat dengan manusia dan ada sejumlah alasan bisa membuat kamu menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang paling populer selain anjing. Kucing dikenal mudah bersahabat dengan manusia dan tidak memerlukan banyak keahlian untuk bisa merawatnya.

Mengutip dari Help Guide, layaknya seorang teman manusia yang baik, seekor kucing yang setia akan menatap mata untuk mengukur keadaan emosi dan mencoba memahami apa yang dipikirkan serta dirasakan oleh pemiliknya.

Memelihara kucing nyatanya dapat mengurangi stres, kecemasan, depresi, hingga meredakan rasa kesepian. Hewan peliharaan juga memberikan persahabatan yang berharga bagi orang dewasa maupun anak-anak dalam pertumbuhannya.

Meski kelihatannya pelihara kucing dapat meningkatkan perasaan bahagia, kamu perlu memerhatikan beberapa hal sebelumnya.

Salah satunya, kucing memang tidak memerlukan aktivitas fisik sebanyak yang dilakukan anjing. Memelihara kucing juga tidak perlu sering-sering membersihkan kandang karena kamu bisa melepasnya dan membiarkan sang “majikan” berlenggak-lenggok di dalam rumah.

Akan tetapi, kucing membutuhkan perawatan dan perhatian setiap hari, lho! Kamu juga harus berkomitmen untuk melakukan perawatan kesehatan rutin yang mencakup imunisasi dasar dan pemeriksaan untuk memberikan kehidupan yang bahagia dan sehat kepada si kucing.

Melansir laman Goodhousekeeping, Minggu (20/11/2022) berikut sederet alasan kucing menjadi hewan peliharaan menggemaskan yang bisa kamu miliki:

 

1. Mereka dapat Mendengar dan Mencium Saat Tidur

Kucing disebut hewan paling banyak tidur, tetapi ada hal unik yang dimilikinya yang tak didapatkan hewan lain. Yaitu kucing bahkan ketika mereka tertidur, tetap sangat waspada.

Mereka secara aktif mendengar dan mencium sesuatu saat tidur, sehingga mereka dapat langsung bereaksi seperti menerkam hama pada saat itu juga.

2. Mereka Sangat Fotogenik

Kucing memiliki wajah dengan matanya yang besar dan ekspresif, sehingga kucing bisa menjadi sangat lucu ketika di foto, atau mengajak foto bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hewan Peliharaan Paling Cerdas dan Miliki Suasana Hati Menyenangkan

3. Kucing Hewan Peliharaan Rumah Paling Cerdas

Diyakini kucing adalah salah satu hewan yang cerdas bahkan jauh lebih pintar daripada yang dibayangkan banyak orang. Menurut Animal Planet, kucing terus belajar dan memiliki daya ingat yang sangat baik.

4. Mereka Memiliki Suasana Hati yang Menyenangkan

Mungkin kamu pernah memperhatikan seekor kucing yang suka bermain, karena mereka tidak harus berburu untuk makanannya, sehingga diyakini bahwa kucing memiliki banyak energi yang tersimpan dan melepaskannya melalui waktu bermain.

3 dari 4 halaman

Kucing Miliki Umur Panjang dan Pernah Disembah

5. Kucing Termasuk Hewan yang Miliki Umur Panjang

Ada beberapa hal dalam hidup yang amat menyedihkan, termasuk kehilangan hewan peliharaan. Dan kucing termasuk hewan rumahan yang rata-rata memiliki umur sekitar 15 tahun. Selama waktu itu adalah sesuatu yang cukup menghibur dan menyenangkan.

6. Mereka Pernah Disembah oleh Orang Mesir

Sejarah Mesir menunjukkan bahwa kucing bekerja keras untuk diterima di rumah. Tetapi orang-orang akhirnya memperhatikan bahwa binatang itu mirip dengan Bast, dewi peperangan Mesir Kuno, dan mereka mulai dijunjung tinggi.

4 dari 4 halaman

Dengkuran Kucing dan Bisa Mendadani Diri Sendiri

7. Miliki Dengkuran Terapeutik

Tidak hanya memiliki wajah dan tingkah laku yang menggemaskan, tetapi juga suara dengkurannya. Bahkan suara dengkuran kucing yang menggemaskan itu dapat menenangkan bagi manusia. Faktanya, ada banyak video online tentang kucing yang hanya mendengkur untuk membantu orang tertidur.

8. Mereka Mendandani Diri Sendiri

Namanya hewan peliharaan, tentunya kamu harus membawa mereka perawatan. Begitu juga dengan kucing.

Sesekali membawanya ke salon, meskipun diketahui bahwa kucing biasanya merawat dirinya sendiri di rumah, mereka bahkan membantu menghemat waktu dan energi kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.