Sukses

7 Tempat di Rumah yang Lebih Kotor dari Kamar Mandi, Menurut Ahli

Menurut ahli berikut ini adalah tempat yang paling kotor di rumah selain kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Kita biasanya menganggap kamar mandi sebagai tempat paling kotor di rumah. Namun, menurut beberapa penelitian, kotoran mungkin bersembunyi di area yang paling tidak terduga. Jika kita tidak berhati-hati dalam membersihkannya, beberapa tempat di rumah kita dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai kuman, bakteri, dan jamur.

Bright Side melakukan riset online untuk menemukan di mana lokasi paling kotor di rumah Anda. Rupanya tak hanya kamar mandi, tapi ada beberapa tempat tak terduga lain yang dikatakan jadi tempat berkembang biak kuman. Menurut ahli berikut ini adalah tempat yang paling kotor di rumah selain kamar mandi.

1. Segel karet mesin cuci

Terkadang, debu bisa bersembunyi di tempat yang bahkan tidak Anda pikirkan. Mesin cuci Anda, terutama segelnya, diketahui menyimpan jamur jika tidak dibersihkan. Hanya karena membersihkan pakaian tidak berarti mesin cuci membersihkan dirinya sendiri.

Jamur tumbuh subur pada kelembaban mesin dan residu deterjen. Kotoran di mesin cuci adalah masalah rumah tangga umum yang disebabkan lantaran lupa membersihkan mesin cuci atau menjalankannya dengan tidak benar.

2. Mesin kopi

Kita semua memiliki kopi favorit masing-masing mulai dari kopi hitam, krim kocok ekstra, espresso, es kopi, dll. Tapi yang tidak kita harapkan adalah meminumnya dengan banyak bakteri di dalamnya. Ini mungkin terjadi jika Anda tidak membersihkan mesin kopi dalam beberapa minggu atau sesering yang seharusnya.

Sebagian besar mesin pembuat kopi domestik, menurut penelitian, mengandung ragi dan jamur di reservoir air mereka, menjadikannya lingkungan yang dipenuhi bakteri. Namun, ini sepenuhnya tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya setiap hari. Meskipun demikian, Anda dapat menjaga mesin tetap bersih dan kopi Anda terasa enak dengan mengikuti beberapa metode sederhana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Remote dan spons dapur

3. Remote

Bahkan jika Anda adalah pembersih yang paling teliti, Anda mungkin mengabaikan area rumah yang Anda yakini bersih. Remote adalah salah satunya. Barang domestik ini menurut para ahli, 20 kali lebih kotor daripada dudukan toilet, karena memiliki konsentrasi bakteri, ragi, dan spora jamur yang tinggi.

Ini adalah salah satu barang rumah tangga yang paling sering diabaikan, yang dengannya hampir semua orang melakukan kontak ratusan kali sehari.

Remote Anda mungkin terselip di sofa, terbatuk, atau tertutup banyak benda lengket. Pembersihan dan desinfeksi sederhana yang perlu Anda lakukan adalah menyeka permukaan remote sekali sehari.

4. Spons dapur

Jika Anda mencuci permukaan dapur dan piring dengan spons wastafel dan menggantinya sebulan sekali, artikel ini mungkin akan membujuk Anda untuk mengubah kebiasaan membersihkan secepat mungkin.

Anda menggunakan spons sepanjang waktu, berharap mereka akan membersihkan piring, tetapi spons sebenarnya menyebarkan kuman ke seluruh meja dapur kami. Spons secara mengejutkan kotor karena menjadi barang pembersih, konsentrasi bakteri pada spons wastafel tentu yang terbesar dari hampir semua area di rumah Anda. 

Meskipun spons kotor dapat dibuang, banyak orang mencoba meminimalkan limbah dengan memanaskannya dalam microwave untuk membunuh kuman. Kita mungkin membunuh bakteri dengan menggunakan jenis sanitasi ini, tetapi tidak semuanya. Akibatnya, alih-alih menghilangkan kuman, Anda membiarkannya berkembang biak. Buang spons Anda setiap 2 hingga 3 minggu untuk memastikan penghapusan bakteri sepenuhnya.

3 dari 3 halaman

Shower

5. Rak handuk

Banyak orang memilih untuk tidak memikirkan mikroorganisme yang ada di toilet mereka, sehingga mereka menjaganya sebersih mungkin. Sebagian besar fokus pada mencuci wastafel, lantai, dan toilet mereka.

Namun, banyak jajak pendapat dan penelitian menunjukkan bahwa kita jarang mengelap rak handuk saat membersihkan kamar mandi. Akibatnya, tidak heran jika tempat handuk adalah salah satu barang paling kotor di kamar mandi kita.

6. Shower

Mandi adalah hal yang biasa bagi kita semua. Namun, jika Anda mengira kamar mandi Anda adalah lokasi terbersih di rumah Anda, Anda akan terkejut mengetahui bahwa itu mungkin merupakan tempat subur bagi kuman berbahaya, dan Anda tidak tahu. Sangat mudah untuk menganggap pancuran membersihkan dirinya sendiri, tetapi ini tidak terjadi.

Banyak ilmuwan telah menemukan bahwa pancuran menciptakan habitat yang ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme yang berpotensi fatal, seperti mikobakterium, yang juga dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Itu penuh dengan bakteri dan air yang melewatinya kaya akan mineral.

7. Tempat sikat gigi

Sikat gigi kita harus dibersihkan dan diganti setidaknya sebulan sekali, menurut dokter gigi. Namun, mereka tidak menyuruh Anda membersihkan tempat sikat gigi Anda. Item kamar mandi ini biasanya diabaikan padahal bakteri dari sikat gigi kerap menempel pada dudukannya, begitu juga bakteri dari bagian kamar mandi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.