Sukses

5 Cara Mengatasi Kecemburuan dalam Persahabatan

Berikut ini beberapa cara mengatasi kecemburuan dalam persahabatan

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan adalah emosi yang dapat menyebabkan kegemparan dalam semua kehidupan kita. Tingkat kecemburuan juga sangat penting.

Dalam hubungan romantis itu adalah fenomena umum yang harus ditangani tetapi dalam pertemanan, itu adalah masalah yang harus segera ditangani. Sebelum Anda menyerang dan menyakiti diri sendiri dan teman Anda, Anda harus melakukan 5 hal ini saat merasakan kecemburuan dengan teman sendiri.

1. Bicarakan dengan temanmu

Solusi terbaik adalah membicarakan masalah yang Anda hadapi dengan teman Anda. Alih-alih merenungkannya dan kurang tidur karena masalah seperti itu, diskusikan secara langsung.

Teman Anda akan menghargai kenyataan bahwa Anda cukup menghargainya sehingga Anda ingin menghilangkan kesalahpahaman di antara Anda berdua! Tapi ketika Anda berbicara, jangan hanya mengucapkan kata-kata Anda dan melontarkan tuduhan, jadilah pendengar yang baik juga.

Anda tidak pernah tahu apa yang sebenarnya dipikirkan orang lain dalam situasi apa pun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Penerimaan

Salah satu langkah penting untuk mengatasi perasaan cemburu tidak lain adalah penerimaan. Tidak ada rasa malu atau bersalah dan jangan mencampuradukkan kemarahan ke dalamnya.

Jangan menilai diri sendiri. Karena itu adalah perasaan yang normal ketika Anda sangat mencintai teman Anda. Menurut beberapa peneliti, jika Anda mau menerima dan menghadapi semua emosi, mengakui emosi negatif, Anda akan dapat mengatasinya lebih cepat.

 

3 dari 6 halaman

3. Jangan dibiarkan

Alih-alih menambahkan lebih banyak minyak ke api, lihatlah cara memadamkannya. Jangan membenarkan emosi negatif Anda.

Jangan membanding-bandingkan, berhentilah melihat kekurangan temanmu. Jangan berasumsi bahwa dia menyukai orang lain daripada Anda.

Anda mungkin hanya memiliki tempat lain di hati mereka yang bahkan tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Latih kesadaran.

 

4 dari 6 halaman

4. Cari tahu apa yang membuatmu insecure

Buatlah teh hijau untuk diri Anda sendiri, duduk dan tuliskan apa yang sangat mengganggu Anda. Apakah Anda takut ditinggalkan, diganti, tidak layak? Bisa juga perasaan tidak dihargai oleh teman Anda atau diprioritaskan olehnya. Ada kemungkinan bahwa perasaan ini berasal dari masalah lain sama sekali.

 

5 dari 6 halaman

5. Tenangkan emosimu

Jangan bertindak berdasarkan perasaan Anda dan meledak pada saat yang salah. Kendalikan emosi, berpikir rasional. Bertindak secara mendadak adalah hal terakhir yang harus Anda lakukan. Anda dapat mengatakan hal-hal yang menyakitkan, yang selanjutnya dapat merusak hubungan Anda.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.