Sukses

Perhatikan, Kesalahan Saat Membersihkan 6 Bagian Tubuh Ini

Anda perlu menyadari betapa pentingnya memperhatian dan memperlakukan beberapa bagian tubuh dengan baik dan benar saat membersihkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit menjadi rumah bagi sekitar 1,5 triliun mikroba. Namun, tidak semuanya buruk untuk kita, bahkan ada yang penting untuk kesehatan kita.

Itulah sebabnya kita tidak perlu mencuci beberapa bagian tubuh dengan sabun, dan ada beberapa lainnya tidak boleh kita lewatkan dan perlu mencucinya secara menyeluruh setiap hari.

Jadi, Anda perlu menyadari betapa pentingnya memperhatian dan memperlakukan beberapa bagian tubuh dengan baik dan benar saat membersihkannya. 

Berikut beberapa kesalahan saat membersihkan beberapa bagian tubuh, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (19/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kaki

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang harus dicuci dengan sabun. Namun, banyak dari kita mengabaikan bagian ini, berpikir bahwa itu akan dibersihkan hanya dari sabun dan air yang mengalir ke tubuh kita. 

Namun, di area tersebut, jamur penyebab kutu air sering terjadi, terutama jika Anda memakai sandal atau sandal jepit, tidak memakai kaus kaki, atau karena banyak berkeringat.

Itu sebabnya, menurut dokter kulit, penting untuk tidak hanya mencuci kaki dengan sabun, tapi juga menggosoknya dengan batu apung setiap hari.

Ruang di antara jari-jari kakimu juga harus dibersihkan secara menyeluruh, apa pun jenis sepatu atau kaus kaki yang Anda kenakan.

Untuk menghindari penyebaran bakteri dan kuman, Anda perlu mencuci jari kaki dengan sabun dan air dan mengeringkannya dengan hati-hati menggunakan handuk. 

 

 

3 dari 7 halaman

2. Bagian belakang leher

Bagian tubuh ini sering kali terasa hangat dan lembap, terutama jika Anda memiliki rambut panjang atau berolahraga secara teratur. 

Kondisi seperti ini bisa menarik bagi tungau tubuh dan bakteri. Itu sebabnya, mencuci bagian belakang lehermu setiap hari dengan sabun dan spons mandi bisa sangat penting untuk mencegah penyebaran bakteri.

4 dari 7 halaman

3. Mata

Mencuci mata dengan sabun bukanlah ide yang baik karena bisa merusak kornea dan sklera mata. Namun, itulah mengapa mata memiliki kelenjar lakrimal (kelenjar yang menghasilkan air mata) yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan melindunginya dari kotoran dan iritasi lainnya. 

Cara yang aman untuk membersihkan kelopak mata dan bulu mata yakni dengan menggunakan sampo bayi tanpa pewangi.

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama campurkan sekitar setengah sendok the sampo ke dalam secangkir air hangat dan celupkan kain lap lembut ke dalam campuran tersebut. Gosok kelopak matamu dengan lembut (maju-mundur) dengan kain, lalu bilas dengan air.

5 dari 7 halaman

4. Selangkangan

Menurut dokter kulit, selangkangan harus dicuci bersih setiap hari. Bagian tubuhmu ini memiliki lipatan yang bisa menampung bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, infeksi dan bau tidak sedap. 

Selangkangan juga menjadi salah satu area paling sensitif di tubuhmu, dan cara paling efektif untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun lembut dan kain.

6 dari 7 halaman

5. Di bawah kuku

Bakteri yang berbeda bisa berkoloni di area di bawah kukumu dan tidak akan bisa menghilangkan semuanya hanya dengan mencuci tangan. 

Menurut dokter, merendam kapas dengan air sabun hangat dan menyeka di bawah kukumu akan menghilangkan bakteri dan kotoran yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

 

7 dari 7 halaman

6. Lengan dan kaki

Lengan dan kaki Anda tidak perlu dicuci bersih setiap hari kecuali kotor. Kulit di bagian tubuh ini umumnya tidak menghasilkan banyak minyak, sehingga membersihkannya dengan sabun setiap hari akan membuat kulitmu kering dan tidak bernyawa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.