Sukses

Komite II DPD RI Dukung Penuh Langkah Cepat Mentan Amran Sulaiman Menuju Swasembada Pangan

DPD RI memberikan apresiasi tinggi terhadap progres dan kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan sektor pertanian.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Rapat Kerja Komite II DPD RI bersama Menteri Pertanian, Senator asal Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang memberikan apresiasi tinggi terhadap progres dan kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan sektor pertanian.

Menurut Teras, langkah-langkah yang diambil Mentan Andi Amran Sulaiman saat ini sesuai dengan upaya penguatan kedaulatan pangan. Salah satunya, mempercepat masa tanam yang sempat tertunda akibat cuaca ekstrem el nino dengan melaksanakan pompanisasi pada lahan persawahan kering. Proses ini difokuskan terutama di pulau Jawa yang mencapai 500.000 hektar.

"Dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian di Gedung Parlemen Jakarta, saya memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang telah diambil. Saya melihat ada kemajuan yang signifikan dalam hal kedaulatan pangan," ujar Agustin Terang pada Selasa, 2 April 2024.

Agustin menegaskan pentingnya keberlanjutan kebijakan pemerintah dalam mendata dan memetakan daerah-daerah yang mengalami surplus dan defisit produksi pangan. Hal ini diperlukan mengingat kebutuhan pangan Indonesia yang terus meningkat setiap tahun.

"Kita perlu kebijakan yang berkelanjutan dalam memetakan wilayah-wilayah yang memiliki surplus atau defisit produksi pangan. Ini merupakan hal penting, terutama menjelang hari raya," katanya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Senator Lukky Semen dari Sulawesi Tengah yang mengapresiasi kebijakan dan langkah-langkah yang diambil oleh Menteri Pertanian dalam mengantisipasi krisis pangan akibat cuaca ekstrem el nino yang berkepanjangan. Bagi Lukky, sektor pertanian memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan bangsa.

"Kami memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian atas langkah-langkah yang diambil dalam mengantisipasi krisis pangan. Ini merupakan langkah penting untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan bangsa," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mentan Ajak Komite II DPD Bersama-sama Wujudkan Swasembada Pangan

Mentan Andi Amran Sulaiman juga mengajak Komite II DPD RI untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan. Bagi Mentan, dukungan dari DPD sangatlah penting mengingat mereka memiliki komunikasi langsung dengan para petani.

"Dukungan dari DPD sangat kami harapkan untuk mewujudkan swasembada pangan di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras demi keberlangsungan pertanian dan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini