Sukses

Perhatikan 4 Hal Ini Biar Anggaran Bangun Rumah Tak Jebol

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hunian yang indah, nyaman, dan aman tentu menjadi impian semua orang. Apalagi kini ada banyak jenis dan model hunian yang bisa dijadikan referensi dan pilihan. Untuk memiliki sebuah rumah ada dua cara, yakni membeli rumah yang sudah jadi dan siap ditempati atau membangunnya sendiri.

Sebagai sebuah aset yang berharga, penting untuk memperhitungkan dan mempersiapkan beberapa hal dalam membangun rumah seperti desain bangunan, pemilihan material, memilih pekerja, dan persiapan anggaran yang diperlukan.

Rumah atau bangunan yang tidak memiliki perencanaan yang baik dapat menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

1. Pastikan Desain Rumah

Desain adalah hal pertama yang harus ditentukan sebelum mulai membangun rumah. Sebuah desain akan menentukan seberapa banyak anggaran dan material apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembangunan nanti. Selain itu, desain yang bagus dan indah juga akan memberi kesan tersendiri baik bagi si pemilik rumah maupun orang lain yang melihatnya.

2. Persiapkan Material yang Diperlukan

Setelah menemukan desain yang diinginkan, selanjutnya perlu mempersiapkan material yang dibutuhkan. Karena sebuah rumah akan ditempati dalam waktu yang lama bahkan sampai ke anak cucu, maka pemilihan material bangunan untuk sebuah rumah tentu harus benar-benar diperhatikan. Pemilihan material bangunan yang berkualitas akan membuat rumah berdiri kokoh dan tahan lama.

3. Cari Pekerja Profesional

Memiliki desain yang bagus dan material berkualitas saja belum cukup. Dua hal ini akan menjadi sebuah bangunan indah nan kokoh apabila dikerjakan dengan baik. Karena itu pilihlah pekerja bangunan yang profesional.

Pekerja bangunan yang profesional tentu sudah mengerti soal struktur bangunan seperti atap, dinding, pondasi, dan lainnya sehingga pelaksanaan pembangunan pun lebih terjamin. Sebagus apapun desain dan material yang ada, tidak akan menjamin rumah yang bagus dan kuat jika tidak dikerjakan oleh ahlinya.

4. Persiapkan dan Bijak dalam Menetapkan Anggaran

Tidak hanya itu, yang paling penting untuk dipersiapkan adalah anggaran. Anggaran untuk setiap pembangunan rumah tentunya berbeda-beda, tergantung desain, material, dan jumlah pekerja yang digunakan.

Anggaran biasanya akan jadi masalah tersendiri jika tidak diatur dan direncanakan dengan baik. Tak jarang banyak pemilik rumah yang harus mengeluarkan dana lebih karena salah perkiraan.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembangunan rumah dikonsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya seperti jasa arsitek. Dengan demikian, pelaksanaan pembangunan rumah akan lebih terstruktur dan terarah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jasa Konsultasi Desain Arsitektur

Arsitek sekaligus pendiri jasa konsultasi desain arsitektur Arkamaya Grhatama, Surya Permana mengatakan, saat akan membangun sebuah rumah, menggunakan jasa konsultasi desain arsitektur akan memberi banyak keuntungan dibandingkan membangun sendiri tanpa ada perencanaan.

“Kebanyakan orang masih sulit menuangkan keinginan di pikirannya dalam wujud sebuah rumah atau bangunan. Di sinilah kami para arsitek mengambil peran untuk menerjemahkan keinginan tersebut melalui ilustrasi visual berupa denah 2D dan gambar 3D,” jelasnya dikutip Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, masukan-masukan mengenai kaidah desain arsitektur dari ahlinya berguna meningkatkan kualitas standar desain hunian bagi pemilik rumah. Pemilik rumah juga dapat berkonsultasi soal apapun terkait hal-hal seperti kekuatan struktur, estetika bangunan, fungsi kenyamanan, serta perencanaan anggaran.

Oleh karena itu, sebelum membangun rumah sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya dan persiapkan segala kebutuhan yang diperlukan agar proses pembangunan rumah lancar dan tanpa hambatan.