Sukses

UNS Bisa Jadi Mitra Perhutani Kelola Hutan di Sekitar Gunung Bromo

UNS bisa menjadi mitra Perhutani dalam mengelola hutan di sekitar kawasan Gunung Bromo yang mempunyai luas sekitar 126,291 ha

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perhutani berkomitmen untuk mendukung pendidikan khususnya bagi mahasiswa Perguruan Tinggi untuk dapat mengembangkan potensi dan kompetensinya. Salah satunya dilakukan melalui kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS).  

Perhutani dan UNS pun telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Jumat (30/07).

“Kita semua tentu berharap kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik dan melahirkan generasi-generasi yang cakap, terampil sesuai dengan minat bakatnya serta siap terjun ke dunia kerja,” kata Direktur Utama Perhutani  Wahyu Kuncoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya UNS bisa menjadi mitra Perhutani dalam mengelola hutan di sekitar kawasan Gunung Bromo yang mempunyai luas sekitar 126,291 ha dan terletak di KPH Surakarta di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

“Terkait dengan kerjasama tersebut Perhutani siap membantu UNS dalam mengelola dan mengembangkan hutan lestari dengan memanfaatkan unit khusus PeFi di Madiun dan Cepu sebagai research & development,” tutup Wahyu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruang Lingkup Kerja Sama

Sementara itu Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan kerjasama ini tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang memiliki ruang lingkup pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat selama jangka waktu 2 tahun kedepan dengan menyinergikan dan mengoptimalkan potensi serta sumber daya kedua belah pihak dalam pengembangan kelembagaan.

“Sesuai dengan ketetapan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk pengelolaan dan pengembangan hutan kawasan Gunung Bromo, UNS siap bekerjasama dengan Perum Perhutani untuk menjaga kelestarian hutan bersama masyarakat sekitar kawasan tersebut,” ujanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.