Sukses

Ikuti 7 Tips Keuangan dari Ahli biar Hidup Tak Sulit

Liputan6.com, Jakarta Berkeinginan mengatur keuangan demi masa depan merupakan satu hal baik. Namun di luar itu, berpegang teguh pada rencana mengatur keuangan tersebut kerap menjadi hal lain.

Pengeluaran yang tidak terduga dapat menggagalkan semua rencana keuangan. Mulai dari kondisi bisnis, kehidupan sehari-hari bisa membuat lalai untuk mengawasi keuangan.

Fokus pada rencana dan mengetahui strategi menjadi jalan terbaik untuk tetap berada pada jalur untuk mencapai tujuan keuangan.

Di bawah ini, ada 7 nasihat yang patut disimak bagi yang ingin tetap mencapai kesuksesan mengatur keuangan dan menggapai tujuan, seperti melansir laman Forbes, Selasa (23/3/2020):

1. Mencari Bantuan Profesional

Semua dimulai dengan tujuan besar dalam pikiran, eksekusi berkelanjutan dari rencana. Bertemu dengan profesional keuangan memberi kesempatan untuk tetap pada target dan menghadapi tantangan dalam mengatur keuangan.

2. Buat Pemisahan 

Untuk membuat sasaran keuangan lebih nyata, buat akun khusus hal yang ingin disasar dan beri label. Misalnya, menyiapkan rekening tabungan yang berlabel "Rumah Pertama Kita" atau "Pensiun pada usia 60 tahun," dengan setoran langsung otomatis. Ini akan menjadi pendorong tetap.

Setoran langsung otomatis juga akan membuat lebih mudah ketimbang menabung.

3. Kenali Tujuan  

Menetapkan tujuan keuangan selalu merupakan strategi yang hebat. Seperti hal lain dalam hidup, penting untuk menjadi jelas tentang "mengapa". Alasan di balik tujuan juga penting.

Ketika kita dapat memvisualisasikan alasan di balik tujuan keuangan, motivasi datang dari dalam. "Motivasi intrinsik menciptakan hasil yang berkelanjutan," menurut Dr. Betty Uribe dari Effectus Enterprises, LLC. 

2 dari 3 halaman

4. Tuliskan

Memulai perencanaan keuangan dengan menuangkannya secara tertulis. Penting untuk memahami kekuatan yang dimiliki melalui dokumen tertulis yang dapat membantu tetap fokus pada tujuan, membantu memberi tolok ukur dan poin check-in di sepanjang jalan.

Serta menjabarkan cara menuju tujuan keuangan dalam urutan yang logis dan progresif. "Sebagian besar klien gagal mencapai sasaran ketika mereka tak menuliskannya," ujar Matthew Cuplin, Grup Keuangan Midwest

5. Tetapkan Tujuan dan Pantau Setiap Hari

Setiap tujuan yang layak dicapai adalah manajemen mikro. Saat menetapkan tujuan, tuliskan setidaknya lima langkah yang diperlukan untuk mencapai target dan lakukan setiap hari.

Bila saat selesai menyelesaikan lima langkah setiap harinya, beri tanda "X" di kalender sebagai pengingat sudah mengikuti impian finansial.

 

 

 

3 dari 3 halaman

6. Simpan Kenaikan Gaji

Setiap kali  mendapat kenaikan gaji di tempat kerja, simpan sebagian atau semua kenaikan yang didapat. Kemudian tetap menjalani kehidupan dengan sistem keuangan sebelumnya, tanpa perubahan. Ini membuka peluang menyimpan lebih banyak uang untuk masa pensiun.

7. Beri Pengharagaan pada Diri Sendiri

Sertakan hadiah sebagai bagian dari rencana keuangan yang  akan memungkinkan untuk memanjakan diri sendiri usai mencapai tujuan.

Hadiah bisa berupa  materi atau pengalaman. Seperti membeli barang kesukaan hingga liburan. Hal ini akan membantu untuk tetap berpegang pada tujuan keuangan sambil menikmati hasil.

Reporter : Tiara Sekarini