Sukses

Hanya Makan Rp 2 Juta, Miliarder Berikan Pelayan Tip Rp 69 Juta

Liputan6.com, Jakarta Miliarder dealer mobil Ernie Boch asal Boston ikut menjadi bagian dalam tantangan tip. Dia memutuskan untuk ikut tantangan tersebut usai melihatnya di media sosial Facebook.

Melansir laman Business Insider, CNN dan CBS, Kamis (6/2/2020), Boch bahkan memutuskan untuk melakukan tantangan ke level yang lebih tinggi.

Dia meninggalkan tip senilai USD 5.000 atau Rp 69 Juta, setelah makan di sebuah restoran seafood tepi pantai, Seaglass Restaurant, di Salisbury, Massachusetts. 

Nilai tip yang diberikan berlipat ganda dibandingkan uang yang dia habiskan untuk makan senilai USD 157 atau Rp 2,1 juta. Dia pun menjadi viral usai si pelayan membagikan ceritanya lebih detail, melalui media sosial.

"Pelayan dan pramusaji, mereka orang-orang yang sangat baik," kata Boch pada CBS Boston. “Itu benar-benar mengejutkan saya. Saya tidak tahu apa itu. Ada perasaan luar biasa. Itu sebabnya saya melakukannya," ujar Boch.

Boch membangun kekayaan bernilai miliaran dolar, dari pengelolaan 11 dealer mobil baru dan bekas di wilayah Boston. Dengan nilai kekayaan bersih senilai USD 1,1 miliar yang setara Rp 15 triliun, pada 2018.

Jennifer Navaria, pelayan yang menerima tip, menulis di Facebook tentang kemurahan hati Boch. "Pekerjaan yang saya benar-benar nikmati jauh lebih baik," katanya.

Navaria menceritakan, dia mengenali Boch kemudian melayaninya di meja untuk empat orang. Dia tidak mengetahui besaran tip yang diberikan, setelah rombongan sudah meninggalkan restoran.

"Saya melihat ke bawah dan berpikir, 'Oh 50 dolar, itu lumayan besar,'" kata Navaria kepada WBZ-TV.

“Dengan tagihan 157 dolar, 50 dolar terbilang cukup besar.Namun,saya agak melihat lagi ke slip di balik 50 dolar itu … Aku benar-benar harus melihat hingga lembaran paling bawah, saat itulah aku gemetar," kata dia.

2 dari 2 halaman

Tantangan Tip di Media Sosial

Tantangan tip 2020 menyebar di media sosial setelah aktor Donnie Wahlberg meninggalkan tip senilai USD 2.020, untuk tagihan USD 78 pada Hari Tahun Baru.

Sebagian besar peserta hanya menyisakan 20 dolar untuk tip. Pada tanda terima yang ia berikan dengan tip ke Navaria, Boch sambal menulis, "Donnie, Your Move."

"Ini hanya salah satu dari hal-hal yang Anda tidak pernah berpikir akan terjadi pada Anda," kata Navaria kepada wartawan setempat.

"Saya sudah menjadi pelayan selama bertahun-tahun dan tidak akan pernah terulang dalam sejuta tahun lainnya."

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading