Sukses

Simak, Begini Cara Jitu Gaet Pelanggan Setia

Memiliki hubungan emosional yang baik dengan pelanggan adalah ciri-ciri bisnis yang baik. Apalagi?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru memulai bisnis sendiri pasti akan menghadapi tantangan-tantangan khusus untuk membangun perusahaan Anda tersebut. Perluas relasi, membangun nama baik, serta meningkatkan pendapatan adalah segelintir dari beberapa tantangan yang akan muncul dalam perjalanan bisnis Anda. 

Meski banyak kendala di depan mata, bukan berarti hal tersebut lantas kemudian menghentikan Anda dalam membangun bisnis. Dengan perbanyak riset dan observasi, tentu Anda akan semakin terbiasa membaca kultur perusahaan Anda sekaligus kultur pelanggan setia Anda. 

Melansir dari laman Inc, Kamis (24/5/2018) menyatakan setidaknya ada empat cara bagaimana membuat pembeli senantiasa menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Apa saja sarannya? Berikut tips ampuhnya: 

1. Bangun relasi personal

Seorang CEO dari suatu perusahaan, Brigham Dickinson menyebutkan pentingnya untuk membangun hubungan personal yang baik dengan pelanggan dibandingkan hanya relasi antara penjual dan pembeli semata. 

Hal ini bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan pada pelanggan. Hindarilah mendiskusikan harga suatu barang tertentu secara langsung pada pelanggan Anda. Karena hal ini tidak akan memberikan kesan yang baik dengan pelanggan Anda. 

Apalagi jika Anda menginginkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda tersebut. Perlakukanlah mereka dengan empati dan kesadaran yang tinggi. 

2. Gunakan Bahasa yang Baik

Dickinson juga menuturkan penggunaan bahasa yang tepat akan menjadikan pelanggan makin sering berbelanja pada bisnis Anda. Ia menambahkan, pelanggan akan cenderung memilih penjual yang mampu membuat mereka merasa nyaman dan juga positif. 

"Daripada bilang no problem, lebih baik Anda bilang ya tentu saja saya bisa bantu Anda dengan hal ini," tuturnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ngobrol seperti teman Lama

Pelanggan akan cenderung menghargai perbincangan-perbincangan yang nyata dan juga jujur. Cobalah berbicara dengan mereka seperti Anda berbicara dengan teman lama. 

Tunjukan bahwa Anda memperhatikan mereka, melihat mereka, serta mendengarkan mereka. Peliharalah hubungan tersebut agar berlangsung terus membaik di setiap pertemuan yang ada. 

4. Mulailah dengan Cerita dan Fakta

Menjadi seorang pelanggan tentunya akan senang jika dibagikan data yang pasti mengenai suatu produk. Apalagi jika produk tersebut merupakan barang yang mereka idam-idamkan sejak lama. 

Dari sini, berusahalah membangun cerita yang baik dengan menyajikan data pada pelanggan Anda. Tak melulu harus membosankan, menyajikan data kini bisa disampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan dan juga menarik untuk didengarkan. 

Perhatikan apa yang menjadi ketertarikan pelanggan dan cobalah masuk untuk mengisi keingintahuanya tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.