Sukses

Ingin Hemat Berwisata saat Libur Panjang? Simak 5 Rekomendasi Tempat Wisata Ini

Berikut sejumlah rekomendasi tujuan wisata ikonik di Jakarta yang patut Anda kunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Banyak warga Jakarta dan sekitarnya menghabiskan libur panjang Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada 9 sampai 12 Mei 2024 untuk berwisata di luar kota. Namun, bagi Anda yang memiliki keuangan terbatas tak ada salahnya untuk menghabiskan libur panjang akhir pekan ini untuk berwisata di Jakarta.

Pekan kedua Mei 2024 dapat sebagai ajang untuk healing dan berkumpul bersama keluarga. Hal ini mengingat ada libur nasional Kenaikan Yesus Kristus dan cuti bersama yang jatuh pada 9-10 Mei 2024, kemudian libur akhir pekan pada Sabtu-Minggu.

Libur panjang tersebut dapat dimanfaatkan untuk libur ke luar kota sejenak. Namun, jika anggaran dan waktu libur Anda terbatas dapat dimanfaatkan untuk jalan-jalan dan wisata di Jakarta.

Di Jakarta juga terdapat banyak tujuan untuk berwisata baik sendiri, bersama teman-teman dan keluarga. Ada ragam pilihan yang ditawarkan mulai wisata belanja, museum, kuliner, kota tua, dan sebagainya.

Berikut sejumlah rekomendasi tujuan wisata ikonik di  Jakarta yang patut Anda kunjungi, ditulis Jumat, 10 Mei 2024. (10/5/2024):

1. Monumen nasional (Monas)

Sudah menjadi rahasia umum jika Monumen Nasional atau Monas menjadi tujuan utama objek wisata di Jakarta. Tak heran jika, Monas menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Jakarta. 

Untuk masuk ke kawasan wisata Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika Anda masuk ke dalam Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk sebesar Rp15 ribu per orang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.Kota Tua

Kota Tua merupakan tempat wisata tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Destinasi wisata yang terletak di Jakarta Pusat ini menawarkan suasana kota tempo dulu dengan bangunan khas zaman kolonial Belanda.

Layaknya Monas, wisatawan yang hendak masuk ke area Kota Tua tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, bagi Anda yang tertarik mengunjungi museum Kota Tua cukup membayar tiket masuk Rp 5000 per orang. 

"Jika ke sini, Anda bisa jalan-jalan santai dan mengunjungi beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang," tulis laman BSI.

 3. Taman Mini Indonesia Indah  (TMII)

Tak lengkap rasanya di berlibur di Jakarta tanpa mengunjungi TMII. Destinasi yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini menawarkan beragam atraksi wisata yang siap memanjakan pengunjung.

Sejumlah atraksi wisata yang menjadi pilihan utama pengunjung ialah Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, dan masih banyak lainnya.Untuk masuk ke TMII, Anda cukup membayar  tiket masuk gerbang utama yakni sebesar Rp25 ribu per orang.

 

 

3 dari 3 halaman

Taman Wisata Ragunan

4. Taman Margasatwa Ragunan

Destinasi wisata berikutnya yang menjadi tujuan utama di Ibu Kota Jakarta adalah Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binatang ini memiliki luas 140 hektar dan menyediakan berbagai macam koleksi spesies, mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak, serangga, hingga reptil.

Menariknya, harga tiket masuk Ragunan tergolong murah. Yakni, untuk pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp4 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp3 ribu saja.

5. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Bagi Anda ingin menikmati sisi lain Jakarta untuk menghabiskan masa liburan, Taman Wisata Angke Kapuk dapat menjadi pilihan. Suasana  yang teduh dan udaranya yang sejuk oleh pepohonan layak untuk Anda kunjungi, tempat ini juga memiliki spot-spot menarik untuk berfoto.

Untuk memasuki objek wisata yang berada di Jakarta Utara ini Anda dikenakan biaya masuk Rp 15.000 per orang. Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini beroperasi pada pukul 09.00-17.30 WIB. 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.