Sukses

Tips Pintar Belanja Fesyen biar Anggaran Aman

Liputan6.com, Jakarta - Tak sekadar menutup bagian tubuh, pakaian juga berfungsi untuk menunjang penampilan. Sebetulnya, membeli pakaian tidak harus mahal. Anggapan ada harga ada kualitas tidak terlalu berlaku di dunia fesyen.

Bisa saja, Anda menemukan pakaian mahal tapi kualitasnya ternyata tidak terlalu bagus. Atau bisa saja Anda temukan sebuah item fesyen yang murah meriah, tetapi ternyata memiliki daya guna yang sangat besar untuk berbagai keperluan.

Tidak sedikit orang menghabiskan uang saat belanja fesyen gara-gara lapar mata. Akibatnya, anggaran belanja membengkak sehingga kesehatan finansial pun terganggu sampai akhir bulan. Lebih sedih lagi, jika ternyata item fesyen yang dibeli ternyata tidak terlalu diperlukan atau kurang cocok peruntukannya.

Untuk membantu Anda agar tetap bijak finansial, berikut tips belanja fesyen secara pintar dari Danaxtra.

1. Batasi anggaran

Membatasi pengeluaran untuk belanja sangat dibutuhkan agar bisa berhemat. Budgeting ini akan memengaruhi pengeluaran selama satu bulan ke depan.

Agar tidak jadi masalah saat tanggal mulai beranjak tua, sebaiknya Anda membatasi pengeluaran dengan fokus pada hal yang sangat dibutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa menghindari banyak pengeluaran mendadak karena sudah ada rencana keuangan sesuai yang telah dibuat.

2 dari 7 halaman

2. One In One Out

Jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa memiliki banyak jenis produk fesyen, toh tidak semua baju atau produk fesyen itu akan Anda pakai dalam satu bulan ke depan.

Jika Anda tetap ingin membeli produk fesyen terbaru, ada baiknya Anda menghibahkan atau menjual baju-baju atau produk fesyen yang sudah tidak lagi terpakai. Dengan demikian, kendati tagihan kartu kredit bertambah, Anda tetap mendapatkan ganti baik berupa hasil penjualan atau value karena sudah berbagi kepada orang lain.

3 dari 7 halaman

3. Pilih Fesyen yang Timeless dan Perhatikan Ukuran

Sebelum membeli, coba dipikirkan lagi tentang ukuran badan, agar pakaian tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, jangan memaksakan membeli pakaian dengan ukuran yang tidak sesuai karena akan merugikan Anda.

Dengan tujuan penghematan, sangat penting bagi Anda untuk membeli pakaian yang memiliki ciri fashion timeless dan “wajib” Anda miliki.

- Little black dress alias LBD

Anda pasti selalu ingat nasihat pada desainer bahwa gaun ini wajib ada dalam setiap lemari wanita karena dianggap cocok untuk dikenakan dalam segala suasana (elegan).

- Kemeja putih

Kemeja putih memiliki banyak fungsi dalam berbagai acara. Tidak hanya sebagai busana resmi, tetapi juga kasual untuk bersantai.

- Celana Jeans

Celana satu ini bisa dipakai untuk segala usia, dan bahkan dari masa ke masa. Ia bisa diandalkan untuk berbagai kesempatan. Anda bisa memadupadankan busana apa saja dengan celana bahan denim ini.

- T-shirt atau Kaus

Atasan yang satu ini selalu menjadi teman favorit untuk berbagai aktivitas. Bahannya yang ringan dan nyaman saat dikenakan membuat kaos jadi idola semua orang. Bahkan bisa dipadu padankan dengan style apa saja.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

- Celana atau Kulot Hitam

Selain celana jeans, bawahan yang musti Anda miliki adalah celana hitam. Celana yang warnanya netral ini bisa Anda pakai untuk acara apa saja. Yang penting celana berwarna hitam supaya memudahkan kamu untuk mix and match.

- Jaket Denim

Luaran yang satu ini paling dibutuhkan setiap saat, dan jaket jeans selalu membuat seseorang bisa tetap bergaya. Busana apa saja bisa Anda tambahkan luaran atau outer dengan jaket denim.

- High Heels Hitam

Sepatu juga memiliki peran yang penting untuk menunjang penampilan. Nah, heels jenis apapun yang Anda miliki, namun Anda wajib memiiki warna hitam. Warna ini sangat mudah untuk dipadupadankan dengan warna lain, sehingga Anda tidak musti bersusah payah.

- Clutch Bag

Fesyen item lainnya yang harus Anda miliki adalah clutch yang warnanya netral atau bold sehingga bisa di mix dengan pakaian apa pun. Clutch bag bisa Anda pakai untuk acara formal, tapi bisa juga ke acara lainnya yang bikin penampilan jadi statement.

5 dari 7 halaman

4. Cari alternatif belanja murah

- Berburu di garage sale

Untuk mendapatkan barang bermerek dengan harga miring, jangan ragu untuk membeli di garage sale atau bekas milik orang lain yang kondisinya masih bagus.

Seringkali pemilik menjual barang fesyen bermerek milik mereka karena sudah bosan saja, bukan karena hal lain, jadi kondisi barang masih bagus. Nah, ini kesempatan untuk mendapatkan barang dengan harga miring.

-Pinjam atau DIY

Asal diperbolehkan, jangan ragu pinjam fesyen item sahabat atau saudara. Coba juga bongkar produk fesyen milik orang tua atau bahkan kakek nenek untuk mendapatkan barang fesyen vintage yang sekarang mulai menjadi trend. Anda juga bisa melakukan DIY (Do It Yourself) untuk mendapatkan barang fesyen unik yang pasti tak ada duanya!

- Belanja di Toko Online

Toko online sekarang menyediakan sistem pembelian yang mudah. Anda tak perlu lagi keluar rumah menghabiskan uang untuk parkir, makan di mal di sela-sela belanja, atau ngafe di gerai kopi yang ada di mall ketika capek berbelanja.

Sekarang tinggal klik dari laptop rumah saja, untuk belanja fesyen item favorit, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran lainnya yang tidak perlu.

6 dari 7 halaman

5. Cari toko online yang memberikan diskon atau cashback

Untuk mendapatkan keuntungan dobel, Anda bisa belanja melalui situs yang memberikan harga khusus atau cashback. Dengan adanya cashback, pengeluaran untuk belanja online Anda bisa lebih dihemat lagi.

Namun begitu, Anda tetap harus hati-hati karena tidak selamanya diskon dapat memberikan penawaran harga yang murah. Menurut data yang ada, orang-orang cenderung akan rela belanja sebuah produk jika memiliki label diskon. Padahal, jika dihitung-hitung, harga produk tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda ketika tanpa diskon.

Jika benar produk fesyen tersebut memiiki harga diskon yang sangat murah, ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai kualitas produk tersebut agar tidak menyesal nantinya. (Coba simak: Cara Mudah Hitung Diskon dan Promo).

7 dari 7 halaman

6. Perhatikan Cara Pembayaran

Sebagai pengguna internet yang bijak, tak ada salahnya untuk berhati-hati dalam berbelanja online khususnya belanja produk fesyen. Selalu ada risiko adanya modus penipuan dan korbannya tidak bisa dikatakan sedikit.

Modus yang sering terjadi adalah penjual bodong yang menjual produk dengan harga murah tapi ternyata barang tidak pernah diterima atau bila diterima produk yang didapat pun dalam keadaan rusak atau palsu.

Enam tips di atas sangat mudah dilakuan. Yang penting Anda harus selalu cermat dan mampu mengontrol keuangan agar tidak menjadi orang konsumtif saat belanja produk fesyen. Tanamkan dalam mindset Anda untuk selalu bijak berfinansial.

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
8 Pos Anggaran agar Milenial Tak Salah Atur Duit, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
5 Cara Beli Barang Idaman meski Belum Punya Cukup Uang