Sukses

Durasi Video di Instagram Reels Kini Sampai 60 Detik

Instagram menambah durasi video di Reels menjadi 60 detik. Ketika baru rilis, Reels berdurasi 15 detik, lalu ditambah menjadi 30 detik dan terbaru 60 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menambah durasi video pada fitur Reels-nya menjadi satu menit alias 60 detik. Sebelumnya, video di Reels maksimal hanya berdurasi 30 detik.

Mengutip laman The Verge, Kamis (29/7/2021), Reels, fitur Instagram dengan fungsi mirip TikTok mulanya debut dengan durasi hanya 15 detik.

Selanjutnya Instagram meningkatkan durasi video Reels jadi dua kali lipat, yakni 30 detik sebulan setelah dirilis. Kini setahun kehadirannya, durasi video Reels diperpanjang lagi.

Instagram mengumumkan melalui akun Twitter-nya mengenai penambahan durasi video di Reels ini.

Sebelumnya TikTok menambah durasi videonya menjadi 60 detik. Dengan batasan waktu yang ditambah panjang, platform TikTok jadi benar-benar booming.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Ketinggalan dari TikTok

Oleh karenanya, Instagram tidak mau ketinggalan dengan memperluas batasan waktu video pendek Reels-nya. Dengan begitu, pengguna dan pembuat konten bisa menciptakan konten lebih kreatif dan menghibur.

Tiktok menyebut, dengan video yang lebih panjang, kreator konten TikTok bisa membuat video tutorial memasak, mendongeng, dan lain-lain. Terbaru, TikTok memperluas batasan durasi video menjadi tiga menit.

Terkait usianya yang sudah satu tahun, Instagram belum mengungkap seberapa baik kinerja Reels. Namun Head of Instagram Adam Mosseri dengan gamblang mengatakan, TikTok kini berada di depan (untuk urusan konten berbagi video pendek).

Dengan meningkatkan durasi video Instagram berupaya agar layanan Reels lebih bisa bersaing dengan TikTok.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Instagram Reels

Sebelumnya, Instagram membawa Reels untuk pengguna di Indonesia. Fitur mirip TikTok ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek dengan memanfaatkan kreativitasnya.

“Hari ini kami secara resmi membawa Reels ke pengguna Indonesia. Ini cara baru menemukan video pendek yang menghibur di Instagram,” kata Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021).

 

Untuk membuat konten video di Reels, pengguna bisa memulai seperti membuat Story. Pada bagian bawah, ada pilihan Reels di samping Story dan Live. Cara lainnya juga bisa dengan menekan ikon “+” untuk menambahkan konten di sebelan ikon Notifikasi.

Pengguna bisa merekam video pendek dengan durasi antara 15-30 detik. Ini bisa menggunakan tombol dengan ikon Reels tepat di sisi tengah seperti tombol membuat Story.

Itu berguna bukan hanya untuk satu kali perekaman, namun bisa digunakan untuk berkali-kali perekaman asal batas video yang direkam adalah 30 detik.

Kemudian, kamu juga bisa memilih jenis audio yang ingin digunakan. Pilih salah satu dari daftar yang disediakan.

Selanjutnya, kamu bisa mengatur kecepatan pemutaran video tersebut, mulai dari 0.3x, 0.5x, 1x, 2x, hingga 3x lipat kecepatan pemutaran. Lalu, ada efek yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan video buatanmu.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.