Sukses

Instagram Reels Resmi Hadir, TikTok Punya Kompetitor Baru

Bisa dibilang, kehadiran Instagram Reels membuat TikTok mempunyai kompetitor baru.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram Reels resmi hadir hari ini, Rabu (5/8/2020). Menurut keterangan resmi perusahaan, Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik dengan tambahan efek audio dan visual, yang dapat dibagikan di Instagram.

Bisa dibilang, kehadiran Instagram Reels membuat TikTok mempunyai kompetitor baru karena kemiripannya. 

Pengguna dapat membuat Reels di bagian bawah kamera Instagram. Di sana pengguna akan mendapati beberapa menu untuk menambah efek audio, efek AR, timer, kecepatan video, dan lain-lain. Mereka yang merupakan pengguna TikTok pasti familiar dengan menu-menu tersebut.

Untuk efek audio, Instagram menyediakan perpustakaan musik. Namun pengguna juga dapat memakai audio sendiri dengan merekamnya.

Nah, audio di Reels yang pengguna buat sendiri kelak dapat dipakai oleh pengguna lainnya bila ia menyetel akunnya sebagai akun publik.

Namun bila akun disetel privat, audio Reels itu tidak akan tersedia dan tidak dapat dipakai oleh pengguna lain, serta Reels itu tidak akan dapat dibagikan dengan mereka yang tidak ada di daftar followers si pemilik Reels.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadir di Feed dan Story

Sama seperti video Instagram biasa, pengguna dapat menambahkan caption, tagar, menandai teman di Reels yang dibagikan. Pengguna juga dapat mengganti gambar kover dar Reels tersebut. 

Ketika pengguna membagikan Reels, ia akan ada di tab Reels di profilnya dan di situ pula orang-orang dapat menemukan Reels tersebut. Reels juga juga dapat dibagikan ke Feed dan muncul di grid utama pengguna.

Terlepas dari setelan akun privat atau publik, pengguna juga dapat membagikan Reels ke Story, ke teman dekat, atau mengirimnya lewat Direct Message. Nah, dalam hal ini Reels akan menghilang setelah 24 jam sama seperti Story biasa.

Untuk saat ini, Reels sudah tersedia di 50 negara.

3 dari 3 halaman

Instagram Rayu Kreator TikTok untuk Gabung ke Reels

Sebelumnya Instagram dilaporkan tengah merayu sejumlah kreator konten di TikTok untuk bergabung dengan platform Reels besutannya. Informasi ini diketahui dari laporan The Wall Street Journal beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (30/7/2020), sumber anonim yang mengetahui hal tersebut mengatakan upaya yang dilakukan Instagram adalah menawari sejumlah uang pada kreator konten TikTok yang terbilang populer.

Namun dalam laporan tersebut tidak disebutkan nama kreator yang didekati Instagram dalam upaya ini. Aplikasi milik Facebook itu pun diketahui belum memberikan komentar apa pun terkait laporan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.