Sukses

7 Gejala Covid-19 Melaney Ricardo, Awalnya Menggigil Lalu Lidah Mati Rasa dan Hidung Tak Berfungsi

Melaney Ricardo akhirnya akui terpapar Covid-19. Ia menjelaskan detail simtom atau gejala yang dirasakan sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Melaney Ricardo ingat betul. Awal Oktober 2020, ia syuting siaran langsung program Call Me Mel. Melaney Ricardo merasakan ada yang tidak beres dengan kesehatan fisiknya.

Usai syuting, kondisi fisiknya terus menurun. Melaney Ricardo mulai menggali informasi seputar gejala yang dirasakannya. Saat yang sama, ia tengah diet ketat dan menjajal jadi vegetarian.

“Ternyata enggak cocok untuk tubuhku. Dan sempat menjadi peskatarian jadi hanya makan ikan, enggak makan daging merah dan putih. Ayam tidak makan, hanya sayur-sayuran,” kata Melaney Ricardo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertama, Menggigil

Melaney Ricardo lalu menjalani swab test atau uji usap Covid-19. Tak dinyana, hasil tes positif. Ia lalu dilarikan ke salah satu rumah sakit swasta di Jakarta untuk diisolasi dan dirawat.

Bintang film Benyamin Biang Kerok menjelaskan 7 simtom sebelum dibawa ke rumah sakit. “Simtom yang aku rasakan adalah aku menggigil, itu yang pertama,” aku Melaney Ricardo.

3 dari 5 halaman

Dugaan Kecapaian Kerja

“Kedua, enggak panas pada saat itu, aku cuma merasakan sumeng, karena menggigil pasti sumeng. Enggak enak badan dan hangat. Kemudian aku kira saat itu terlalu capai. Kecapaian kerja,” Melaney Ricardo menyambung.

Ia menjelaskan gejala ini dalam video bertajuk “1 Bulan Ini Aku Berjuang Melawan Penyakit Ini,” yang dipublikasikan di kanal YouTube Melaney Ricardo, Senin (2/11/2020).

 

4 dari 5 halaman

Mual Pagi Sampai Malam

Ketiga, gejala paling menonjol adalah semua sendi dan tulang ngilu parah. Keesokan harinya, Melaney Ricardo membatalkan semua pekerjaan karena tak sanggup menahan sensasi ngilu di sekujur tubuh.

“(Keempat) saat itu aku merasa badanku, mual. Enggak bisa muntah tapi mual secara ajek dari pagi sampai malam. Yang aku tahu saat itu, Covid-19 itu kalau sudah ada simtom batuk,” papar Melaney Ricardo lalu menduga penyakit lambungnya kambuh.

5 dari 5 halaman

Lidah Tak Bisa Merasa

Mual sepanjang hari membuat badan lemas. “(Kelima) lidah enggak bisa merasa sama sekali, benar-benar mati rasa. (Keenam) Hidungku sudah enggak bisa mencium sama sekali. Lalu (ketujuh) setiap kali duduk, mau berdiri keliyengan,” pungkasnya.

Bersamaan dengan itu, badan kembali menghangat. Sensasi hangat menjalar menjadi panas khususnya di punggung. Mulai 4 Oktober, Melaney Ricardo menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini