Sukses

Anak Mona Ratuliu Alami Dermatitis Atopik, Kulit Wajah Memerah dan Berair

Numa Kamala Srikandi, anak bungsu Mona Ratuliu, yang baru berusia tiga bulan, mengalami sakit kulit di bagian wajah dan kepalanya.

Liputan6.com, Jakarta Numa Kamala Srikandi anak bungsu Mona Ratuliu yang baru berusia tiga bulan, mengalami sakit kulit di bagian wajah dan kepalanya. Ruam yang juga menyebabkan kulit wajah berair itu dialami putri Mona Ratuliu sejak tiga hari belakangan ini.

Hal itu diketahui lewat unggahan Mona Ratuliu di akun Instagram terverifikasi miliknya. Istri Indra Brasco memasang foto anaknya dengan kulit wajah dan kepala yang memerah.

Dijelaskan Mona Ratuliu, bahwa putrinya mengidap Dermatitis Atopik atau eksim kulit lantaran alergi atau bisa juga karena faktor genetik.

"Siapa yang bayinya kulitnya merah2 kayak Numa? 2-3 hari belakangan kulit numa memerah dan agak berair. Bukan karena keseringan dicium, bukan juga karena kena ASI kok. Kalau ada yang bayinya kulitnya mirip Numa begini, ini namanya: Dermatitis Atopik. Biasa dikenal juga dengan eksim. Pemicu munculnya ruam merah ini biasanya karena alergi," tulis Mona Ratuliu, Senin (24/8/20202).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Panik

Mona Ratuliu tidak panik saat tahu kulit anaknya mengalami ruam merah. Sebab sebelum Numa, kakaknya Nala, pernah mengalami hal serupa saat masih bayi.

"Alergi ini biasanya karena keturunan. Nggak kaget sih kulit Numa begini. Kalau lihat foto ke2, itu foto @ulahsinala waktu bayi. Lebih parah dari Numa. Bahkan kalau Nala ada satu waktu kulitnya sampai bernanah 🙈🙈🙈." tulis Mona Ratuliu.

3 dari 4 halaman

Tak Ada Obatnya

Penyakit kulit yang dialami putrinya dikatakan Mona Ratuliu tidak ada obatnya. Namun harus dicari tahu apa penyebab alergi, sehingga bisa ditangani dengat cepat dan tidak semakin parah.

"Sebenernya kondisi kyk gini nggak ada obatnya. Cuma perlu dicari sebenernya alerginya krn apa. Masalahnya tiap anak alerginya bisa berbeda, jadi nggak bisa nyontek tetangga sebelah 😬," tulis Mona Ratuliu.

4 dari 4 halaman

SOP Kesehatan

Kendati demikian, Mona Ratuliu tetap menjalani standar kesehatan untuk menghilangkan ruam dikulit wajah anaknya.

"Tapi ttp jalanin SOP standard but alergi sih, jauhin barang2 yang jadi pemicu tersimpannya debu, cari sabun dan lotion yang paling cocok sm kulitnya si kecil. Bundanya kalau kasih ASI sementara hindari seafood, telur dan produk yg mengandung susu dan keju," Tulis Mona.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.