Sukses

Go Public Lagi, Hilton akan Kalahkan Perolehan IPO Hyatt

Hotel hilton akan menggelar penawaran saham perdana dengan target perolehan dana US$ 2,37 miliar.

Setelah hampir 6 tahun tahun jadi perusahaan tertutup usai diambil Blackstone, Hilton kembali go public. Penawaran saham Hilton di akhir tahun 2013 akan mengalahkan IPO hotel ternama Hyatt di tahun 2009.   

Hilton Worldwide Inc akan melakukan penawaran saham perdana/initial public offering (IPO) dengan target perolehan dana sekitar US$ 2,37 miliar. Target perolehan dana ini terbesar dari penawaran saham perdana hotel.

Sebelumnya grup Hyatt memperoleh dana US$ 950 juta dari penawaran saham perdana pada 2009. Hilton mengharapkan dapat melakukan penawaran saham perdana pada akhir tahun ini. Jumlah saham yang akan dilepas sekitar 11,5% saham. Nilai perusahaan sekitar US$ 32,5 miliar termasuk utang.

Berdasarkan dokumen yang disampaikan ke regulator US Securities and Exchange Commision (SEC), jumlah saham yang akan ditawarkan sekitar 112,8 juta saham. Harga saham perdana kemungkinan ditawarkan di kisaran US$ 18-US$ 21 per saham.

Kapitalisasi pasar saham perseroan akan mencapai US$ 20,7 miliar. Hotel hilton akan mencatatkan sahamnya di bursa saham New York dengan kode HLT.

Penawaran saham perdana ini akan dibantu oleh sejumlah penjamin emisi efek antara lain Deutsche Bank, Goldman Sachs Group Inc, Bank of America Corp dan Morgan Stanley.

Blackstone telah mengambil Hilton sehingga menjadi perusahaan tertutup senilai US$ 26,7 miliar pada 2007 termasuk utang. Jumlah pengambilalihan saham itu terbesar sebelum krisis keuangan terjadi pada 2008.

Blackstone telah mengeluarkan dana US$ 6,4 miliar untuk investasi di Hilton. Setelah melakukan penawaran saham perdana, Blackstone masih memiliki saham sekitar 76,2% senilai US$ 15,7 miliar.

"Grup Blackstone telah habis waktunya untuk Hilton, penawaran saham perdana Hilton merupakan saat tepat ketika meningkatnya permintaan global dari konsumen untuk jalan-jalan, dan tarif kamar harian, beserta hunian," tutur Christopher Muller, Professor Boston University School of Hospitality Administration, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (3/12/2013).

Berdasarkan data PricewaterhouseCoopers, industri hotel Amerika Serikat telah pulih dengan tarif kamar dan hunian yang diperkirakan meningkat pada 2014.

Penawaran saham perdana Hilton ini akan menjadi penawaran saham perdana terbesar kedua pada 2013 setelah Plains GP Holdings LP yang meraih dana US$ 2,82 miliar. Lalu Twitter Inc dengan perolehan dana US$ 1,82 miliar.

Hotel Hilton didirikan tahun 1919 oleh Conrad Hilton.  Hotel hilton telah memiliki jaringan operasi di 90 negara, dengan jumlah hotel 4.041 hotel dan 665.667 kamar. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.