Sukses

Pendapatan Neto Blibli Sentuh Rp 3,9 Triliun di kuartal I 2024

Namun karena beban usaha yang masih besar yaitu mencapai Rp 1.378 miliar maka Blibli masih mencatatkan rugi usaha sebesar Rp 625 miliar di kuartal I 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), perusahaan yang menaungi merek Blibli mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan neto konsolidasi sebesar 2% dari Rp 3.830 miliar pada kuartal I 2023 menjadi Rp 3.923 miliar pada kuartal I 2024.

Kontribusi utama pendapatan Blibli ini berasal dari kinerja agen perjalanan daring (OTA) perseroan selama periode lebaran dan kinerja yang kuat pada segmen institusi dan toko fisik.

Dengan pertumbuhan pendapatan neto tersebut, BELI mampu mampu mencatatkan laba bruto sebesar Rp 743 miliar di kuartal I 2024 yang merupakan kenaikan dibanding dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 577 miliar.

Namun karena beban usaha yang masih besar yaitu mencapai Rp 1.378 miliar maka Blibli masih mencatatkan rugi usaha sebesar Rp 625 miliar di kuartal I 2024. Rugi usaha ini turun jika dibanding tahun lalu yang tercatat Rp 878 miliar.

CEO dan Co-founder PT Global Digital Niaga Tbk Kusumo Martanto menjelaskan, dengan melihat realisasi kinerja di Kuartal I 2024 ini maka misi yang dicanangkan oleh perusahaan saat IPO tidak hanya tetap konstan tetapi juga menjadi kekuatan pendorong di bali upaya untuk memperkuat posisi sebagai ekosistem perdagangan pilihan bagi konsumen.

"Setiap langkah yang diambil dan setiap inovasi yang diperkenalkan bertujuan untuk mencapai misi yang teguh ini yang semakin menegaskan komitmen kami terhadap pelanggan dan mitra kami," jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Ia melanjutkan di kuartal pertama 2024 ini belanja konsumen secara umum melemah dan usaha B2C dilewati dengan strategi pertumbuhan selektiftermasuk perluasan lebih lanjut dari titik titik konak dengan pelanggan secara fisik untuk memperkuat pendekatan omnichannel.

Merkipun ada hambatan, pertumbuhan laba bruto bisa terus berlanjut.

"Sementara irtu dokus stategis kami ada optimasi margin, kepemimpinan biaya, dan keunggulan ekosistem telah mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi sehingga mengurangi kerugian," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blibli Buka Toko Premium Samsung Pertama di Indonesia, Pamer Ekosistem Smart Home hingga Smartphone AI

Sebelumnya, Blibli bekerja sama dengan Samsung membuka Samsung Experience Lounge pertama di Indonesia. Toko gadget dan produk home appliances Samsung yang menyasar konsumen premium ini berlokasi di Pondok Indah Golf, Jakarta Selatan.

Kolaborasi keduanya bertujuan untuk menawarkan pengalaman belanja terintegrasi dan seamless bagi pelanggan.

Lewat Samsung Experience Lounge ini, Blibli mengajak pengunjung merasakan pengalaman premium menggunakan gadget dan perangkat rumah tangga berbasis kecerdasan buatan alias AI dari Samsung, melalui showcase smart home.

Pengunjung bisa menjelajahi berbagai inspirasi ruangan seperti ruang keluarga, dapur, area kerja, dan ruang mencuci yang dilengakapi dengan perangkat smart home Samsung.

Mulai dari lemari es, mesin cuci, AC, hingga air purifier yang terhubung menyeluruh dengan smartphone Galaxy.

Tempat ini juga menawarkan rangkaian smartphone dan tablet premium Samsung yang dilengkapi fitur Galaxy AI. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi dan menjajal deretan produk wearable Samsung.

Aksesoris smartphone seperti casing hingga kelengkapannya disediakan di sana. Terdapat sebuah display yang menunjukkan berbagai koleksi casing buat HP terbaru Samsung.

3 dari 4 halaman

Pengalaman Belanja Omnichannel

Samsung Experience Lounge juga didukung ekosistem omnichannel Blibli yang lengkap dan terintegrasi. Blibli pun menjanmin pengalaman pengalaman belanja yang mulus dan memastikan kemudahan akses dan pembelian produk Samsung secara online melalui www.samsung.com.

Blibli juga memungkinkan pengguna memakai fitur Click & Collect untuk mengambil smartphone, tablet, dan smartwatch Samsung yang sudah dibeli melalui aplikasi Blibli di Samsung Experience Lounge, Pondok Indah Golf.

CEO PT Global Teknologi Niaga (anak usaha Blibli yang hadirkan Samsung Experience Lounge) Wisnu Iskandar mengatakan, Blibli memiliki komitmen untuk menyajikan solusi omnichannel untuk memberi pengalaman belanja terbaik di semua touch point.

"Dengan begitu, kami bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup pelanggan dengan lebih optimal, termasuk dalam mendapatkan gadget dan smart home appliances terkini, seperti yang kami coba wujudkan melalui kolaborasi dengan Samsung," kata Wisnu saat peresmian Samsung Experience Lounge. 

4 dari 4 halaman

Toko Premium Pertama Samsung

Sementara, Presiden Samsung Electronics Indonesia Harry Lee mengatakan, Samsung Experience Lounge di Pondok Indah Golf adalah toko premium Samsung yang pertama di Indonesia hasil kolaborasi dengan Blibli.

"Toko ini mengubah definisi kehidupan modern, mengubah hunian menjadi rumah pintar. Ragam produk terbaik dilengkapi dengan ekosistem komprehensif," katanya.

Ia juga menjanjikan setiap konsumen yang akan datang ke sana bakal merasa seperti ada di taman bermain dan membangun impian, serta menemukan hunian dan merancang sesuai gaya hidup mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini