Sukses

Pasar Modal Catatkan 5,3 Juta Investor, Generasi Muda Wajib Coba

Stockbit Perkenalkan Desktop App untuk MacOS dan Windows PC, Simak Fitur-Fitur Unggulannya   Per akhir bulan Januari 2024, jumlah investor saham di pasar modal telah menyentuh angka 5,3 juta investor dengan hampir 80% di antaranya didominasi oleh investor muda yang berusia di bawah 40 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Per akhir bulan Januari 2024, jumlah investor saham di pasar modal telah menyentuh angka 5,3 juta investor dengan hampir 80% di antaranya didominasi oleh investor muda yang berusia di bawah 40 tahun.

Angka ini naik hampir 20% dari 4,43 juta investor pada periode yang sama di tahun 2023. Menyikapi tren kenaikan jumlah investor serta geliat masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal, aplikasi investasi saham terdepan di Indonesia, Stockbit, memperkenalkan inovasi barunya, yakni Stockbit Desktop App untuk MacOS dan Windows.

“Kami mengamati bahwa tampilan aplikasi desktop untuk investasi saham masih belum mengalami banyak perkembangan dalam 10 tahun terakhir ini. Oleh karena itu, kami menghadirkan Stockbit Desktop App yang modern, canggih, dan interaktif sehingga menjadikan pengalaman investasi saham lebih menarik bagi investor-investor muda, yang kalau merujuk pada data, mewakili lebih dari 80% dari total investor saham yang ada di Indonesia. Sebagai informasi, Desktop App ini 100% dibuat oleh tim Stockbit, bukan oleh vendor,” jelas Founder & CEO Stockbit, Wellson Lo dalam keterangan tertulis, Minggu (3/3/3024).

Wellson menambahkan, Stockbit Desktop App tidak hanya diperuntukkan bagi pengguna Windows, tapi juga memberikan pengalaman trading saham multi monitor yang modern dan canggih untuk pengguna MacOS. “Hal ini menjadi spesial karena sebelumnya pengguna MacOS tidak memiliki opsi untuk melakukan trading saham dengan pengalaman yang seamless lewat desktop app,” katanya.

Para investor yang berinvestasi saham lewat Stockbit menyambut baik inovasi yang telah ditunggu-tunggu ini.

“Saya suka dengan tampilannya yang modern. Jarang ada Desktop App yang layout-nya dapat kita customize sesuai kebutuhan trading style kami. Dengan Desktop App, saya percaya Stockbit akan semakin maju dan menjadi pilihan utama investor saham di Indonesia,” kata Michael Yeoh yang merupakan seorang trader dan analis saham.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yoga Arsana yang merupakan seorang trader profesional. “Stockbit Desktop App ini memiliki tampilan yang fresh yang sangat menonjol di antara desktop app dari sekuritas lainnya. Sangat recommended untuk traders,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tawarkan Beberapa Fitur

Terkait dengan fitur, Wellson menyampaikan bahwa Stockbit Desktop App menawarkan beberapa fitur unggulan. Pertama, dengan customizable layout, para pengguna bisa membuat sendiri layout yang sesuai dengan preferensi mereka.

Setiap layout yang dibuat juga akan tersimpan secara otomatis di cloud sehingga para pengguna bebas mengganti device yang digunakan tanpa takut kehilangan layout yang sudah mereka buat.

Selanjutnya, Stockbit Desktop App memberikan pilihan template yang beragam, mulai dari Multi-Chart, Multi-Orderbook, Single-Stock sampai Classic. Terakhir, dalam hal melakukan aktivitas trading, Stockbit Desktop App menghadirkan Advanced Orderbook yang membantu pengguna melakukan action langsung dari Orderbook mereka, misalnya melakukan pembelian dan penjualan saham, mengecek antrean order, melakukan amend dan cancel order hingga analisis saham lebih lanjut.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Jumlah Investor

Di sisi lain, Direktur Utama PT Stockbit Sekuritas Digital, Megawati Andrew Soewardi, mengatakan bahwa Stockbit berkomitmen untuk terus mendukung upaya Bursa Efek Indonesia dalam meningkatkan jumlah investor pasar modal, yang erat kaitannya dengan inklusi keuangan, sekaligus memastikan agar para investor teredukasi dengan benar.

“Setelah meresmikan Galeri Investasi Digital di bulan Januari 2024, kini Stockbit menghadirkan Desktop App yang spiritnya adalah untuk membuat pengalaman investasi semakin modern serta meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda, di pasar modal,” tutup Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Pasar saham