Sukses

Jalan-Jalan ke Labuan Bajo Seharian, Jajal 5 Tempat Ini

Mengunjungi Labuan Bajo bisa dilakukan hanya dalam sehari.

Liputan6.com, Kupang - Labuan Bajo menjadi salah satu surga tersembunyi di Indonesia timur. Labuan Bajo juga sekaligus merupalam salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

Mengunjungi Labuan Bajo bisa dilakukan hanya dalam sehari. Sebagai referensi, berikut rekomendasi liburan singkat dalam sehari di Labuan Bajo seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id:

1. Berburu  di Pantai Waso

Untuk memulai trip di Labuan Bajo, Pantai Waso bisa menjadi pilihan. Pantai yang berlokasi di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Manggarai Barat, ini merupakan spot menikmati sunrise terbaik di Labuan Bajo.

Selain menikmati sunrise, wisatawan juga bisa berkemah di sini. Pantai Waso juga menawarkan pesona bebatuan yang kerap jadi spot foto.

2. Wisata Island Hopping 

Island Hopping merupakan berwisata dengan cara mengeksplorasi satu pulau ke pulau lainnya. Berwisata dengan cara ini sangat cocok dilakukan di destinasi wisata kepulauan, termasuk Labuan Bajo.

Wisatawan di Labuan Bajo bisa island hopping menggunakan kapal phinisi. Aktivitas ini bisa dimulai dari Pulau Komodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkunjung ke Desa Wisata

3. Berkunjung ke Desa Wisata

Selain island hopping, waktu siang di Labuan Bajo juga bisa diisi dengan berkunjung ke desa wisata Wae Rebo. Desa wisata ini berlokasi di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Manggarai Barat.

Menariknya, desa wisata ini masih terus berupaya menjaga keberlanjutan lingkungan, baik dengan membatasi penggunaan listrik, mengolah makanan dari hasil kebun sendiri, maupun menjaga kearifan lokal.

Desa wisata Wae Rebo juga masih menjaga tujuh rumah adat mbaru niang yang diakui sebagai situs warisan budaya dunia. Tak hanya Wae Rebo, wisatawan juga bisa mengunjungi desa wisata lain, seperti Desa Bena, Desa Wologai, Desa Cancar, atau Desa Tololela. 

4. Berburu Sunset di Pantai Waecicu

Menuju malam, wisatawan bisa menghabiskan waktu di Pantai Waecicu. Pantai ini menawarkan pesona indahnya sunset.

Bukan itu saja, wisatawan juga bisa melalukan aktivitas seru lain di sini, mulai dari berenang, menaiki perahu dayung, hingga trekking ke bukit. Suasanya yang asri sangat cocok jadi tempat healing.

5. Makan malam di pinggir pantai

Setelah puas berkeliling dan hari semakin gelap, maka waktunya menikmati makan malam spesial. Salah satu lokasi makan malam yang bisa dikunjungi adalah KISIK Seafood and Grill yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Waecicu.

KISIK Seafood and Grill merupakan salah satu tempat makan seafood di pinggir pantai. Jika ingin kuliner yang lebih autentik, wisatawan bisa mencari restoran lokal yang menyajikan olahan makanan khas Labuan Bajo yang terletak di sekitar lokasi.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini