Sukses

3 Nama yang Dinilai Lawan Kuat Anies di Pilkada Jakarta

Ada tiga nama yang disebut bisa menjadi lawan Anies Rasyid Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ada tiga nama yang disebut bisa menjadi lawan Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Salah satunya yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Hanya saja, dari nama yang beredar ada tiga nama yang relatif kuat mendingi Anies. Ketiganya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ridwan Kamil, dan Tri Rismaharini," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga, Kamis (23/5).

Menurut Jamiluddin, ketiga pesaing mantan Calon Presiden (Capres) tersebut memiliki popularitas dan kapabilitas serta elektabilitas yang cukup kuat.

Oleh karenanya, Anies disebutnya harus bisa menggandeng tokoh yang bisa menguntungkan. Seperti Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera atau Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah.

Nama-nama tersebut nantinya harus bisa dipertimbangkan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk bertading di Jakarta.

"Jadi, Anies harus memilih pasangan yang kapabel agar dapat unggul dari kompetitornya seperti Ahok dan Ridwan. Kalau tidak, Anies bisa saja terjungkal dalam Pilgub Jakarta 2024," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Lain

Terkait dengan nama Ida Fauziyah, karena diungkapkannya memiliki modal sosial dan politik yang baik. Oleh karena itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) itu berpeluang dapat meningkatkan elektabilitas dirinya maupun Anies.

Sedangkan, untuk Mardani Ali Sera juga punya popularitas yang baik dan akan mendapat dorongan dari PKS yang punya mesin politik di Jakarta.

"Karena itu, Mardani juga potensial mendongkrak elektabilitas dirinya dan Anies. Hanya saja, modal ekomomi Mardani tampaknya tidak sebaik Ida Fauziyah," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Anies Serius Pertimbangkan Maju Lagi

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal mempertimbangkan secara serius untuk maju kembali di Pilkada DKI Jakarta 2024 atau tidak. Hal ini disampaikan Anies pada Minggu (19/5).

Ketika itu dia didesak warga saat menghadiri silaturahmi dan halalbihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina.

Dalam acara tersebut, perwakilan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota, Sugiarti menyampaikan pernyataan sikap agar Anies maju lagi di Pilkada Jakarta.

"Kami siap dukung penuh untuk memenangkannya," ucap Sugiarti.

"Saya ngomong nih sama Bapak, Ibu, memang saya mendapatkan undangan dari partai-partai politik ditawarkan diminta untuk dicalonkan menjadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan apakah kembali atau tidak, jadi sedang mempertimbangkan," ujar Anies.

Mendengar ucapan Anies, warga langsung berteriak menyatakan dukungan dan meminta Anies maju lagi dalam pilkada.

"Saya lagi nimbang nih serius nimbang. kembali apa enggak ya? Kembali apa nggak?" tanya Anies.

"Kembali Pak. Kita masih butuh Pak Anies," jawab warga.

"Ya, jadi baiknya gimana nih?" timpal Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.